TK Negeri Terpadu Unggulan Tumbuhkan Kecintaan Ragam Budaya


Kabupaten Tana Tidung memiliki keberagaman budaya yang menjadi salah satu kekayaan daerah. Untuk menumbuhkan kecintaan pada ragam budaya tersebut, TK Negeri Terpadu Unggulan Tana Tidung menerapkan pembelajaran berbasis sentra kearifan lokal. 

Usai menyelesaikan proses pembelajaran, peserta didik kelas B diberi kesempatan menampilkan tarian Dayak pada acara perpisahan dan wisuda yang digelar pada Selasa (14/06/2022).

"Peserta didik diharapkan melestarikan budaya suku Dayak yang merupakan salah satu suku asli yang ada di Kabupaten Tana Tidung" kata Nur Inayah, Kepala TK tersebut.

Selain itu, yang tidak kalah menarik adalah  peserta didik TK A saat menyanyikan lagu Kasih Ina pada gelaran tersebut. Lagu Tidung yang berarti Kasih Ibu ini dinyanyikan dengan fasih. Melalui nyanyian, peserta didik diharapkan dapat menggunakan bahasa Tidung secara aktif.

Menurut Inayah, pembelajaran tersebut didesain untuk membentuk profil pelajar Pancasila. Pada elemen mengenal dan menghargai budaya, anak diharapkan mampu mendalami budaya dan identitas budaya, mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan serta prakteknya, dan menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya setempat.

“Kedepannya, anak-anak diharapkan mampu melestarikan budaya lokal di tengah modernisasi di zaman teknologi ini” tutup Kepala Sekolah Penggerak pertama di Tana Tidung ini.

Penulis: Hasmirah

Editor: Admin




Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget