Vamelia Ibrahim Kukuhkan Bunda PAUD Desa dan Bunda PAUD Kecamatan


Bunda PAUD Tana Tidung, Vamelia Ibrahim mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Tana Tidung di Gedung Serba Guna Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, pada Jumat (1/4/2022). Bunda PAUD yang merupakan isteri dari Camat dan isteri Kepala Desa tersebut mendapatkan tugas untuk meningkatkan akses anak mengikuti PAUD berkualitas.

Meningkatkan akses anak mengikuti PAUD merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018. Pentingnya anak mengikuti PAUD ditunjukkan studi Kemendibud Ristek tahun 2021. Studi tersebut mengemukakan bahwa anak kelas 1 SD yang tidak mengikuti PAUD mengalami ketertinggalan 20 bulan progres belajar.

"Untuk meningkatkan aksesibilitas, kita programkan Satu Desa Satu PAUD. Setiap desa harus memiliki PAUD. Kita juga wajibkan di PAUD satu tahun minimal sebelum masuk SD. Saya mohon kepada Bapak Bupati agar regulasi tersebut segera diterapkan" kata Vamelia.

Untuk meningkatkan kualitas, lanjutnya, dilaksanakan program pengembangan anak usia dini (PAUD HI). Pemenuhan layanan esensial anak dilakukan di satuan pendidikan secara sistematis dan simultan.

"Untuk layanan kesehatan kita melakukan deteksi dini tumbuh kembang anak (DDTK). Yang mengalami hambatan tumbuh kembang atau disebut stunting segera kita tangani dengan memenuhi kebutuhan gizinya. Bapak Bupati menugaskan kita untuk menurunkan angka stunting menjadi nol anak" tambahnya.

Isteri Bupati Tana Tidung tersebut juga mengucapkan terima kasih atas terlaksananya program Satu PAUD Satu Laptop yang diinisiasinya. Begitu juga dengan peningkatan insentif guru PAUD dari APBD.

"Saya berharap dengan dikukuhkannya Bunda PAUD Kecamatan dan Desa, dapat mensukseskan peningkatan akses anak mengikuti PAUD berkualitas di Tana Tidung" pungkasnya.

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget