Fun Learning Dengan Media Air


PAUD Nurul Jadid menerapkan Merdeka Belajar dengan mengadakan fun learning berupa Outbond Parenting pada hari Sabtu, 26 Maret 2022 di Mahesya Waterpark. Kegiatan tersebut sebagai puncak tema Alam Semesta yang sudah dilakukan selama sebulan di sekolah.

PAUD Nurul Jadid memilih kolam renang karena air adalah media pembelajaran yang sangat disukai anak. Selain itu, Mahesya Water Park merupakan tempat wisata baru yang belum semua anak-anak dan orang tua pernah mengunjunginya. Pepatah mengatakan menyelam sambil minum air, belajar di alam sekaligus refreshing menjalin kedekatan antara anak, orang tua, dan pihak sekolah.

Anak dikenalkan dengan manfaat dari berbagai benda ciptaan Allah yang ada di alam semesta. Seperti air, langit, udara, pohon-pohon dan sebagainya. Selain mengembangkan motorik kasar dan kognitif, pembelajaran ini juga untuk menumbuhkan keimanan dan rasa syukur kepada pencipta. Salah satu caranya yaitu  membuang sampah pada tempatnya dan  memetik tanaman seperlunya. Kegiatan ini dirangkai dengan memasukkan bola ke dalam keranjang di dalam air yang dilakukan orang tua bersama anak.

Antusiasme anak-anak terlihat jelas dengan semangatnya mengikuti setiap permainan yang diadakan. “Selain menjalin silaturahmi dengan pihak sekolah dan memupuk kerjasama orang tua dengan anak, kegiatan ini juga membentuk sikap berani anak terhadap hal-hal baru. Seperti main perosotan yang biasanya kakinya menginjak tanah, sekarang langsung masuk ke air. Mereka tidak takut dan mau mencoba lagi” tutur Nur orang tua dari Nabila, peserta didik usia 5-6 tahun.

Kepala PAUD Nurul Jadid, Siti Aslamiyah mengaku puas menjalankan program pembelajaran dengan konsep Merdeka Belajar. Selain menyenangkan anak, orang tua, dan guru, juga menjalin kerjasama dengan pemangku kepentingan lainnya dalam meningkatkan mutu pembelajaran. 

“Kegiatan ini juga menumbuhkan karakter peduli lingkungan, lebih mensyukuri ciptaanNya dan mempererat kasih sayang anak dan orang tua” lanjutnya.

Juara 1 Kepala PAUD Inovatif tahun 2021 tersebut menambahkan bahwa bermain dengan air sangat menyenangkan bagi anak. Anak bisa mengeksplor kemampuannya  melalui berbagai permainan. Belajar menjadi lebih asyik, bahkan anak tidak mau diajak pulang. 

"Guru harus lebih kreatif dan inovatif untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan berbagai media. Fun learning makes children happy. Happiness can help grow their intelligence (Pembelajaran yang menyenangkan membuat anak-anak bahagia. Kebahagiaan dapat membantu menumbuhkan kecerdasan mereka)" pungkasnya.

Penulis:  Tri Lestari

Editor: Admin



Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget