KTT Kembali PTM, Guru Fokus Pulihkan Kompetensi Anak


Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tana Tidung mengadakan kegiatan Sosialisasi Kebijakan Disdikbud Kabupaten Tana Tidung Bidang Pendidikan Dasar kepasa kepala sekolah dan pengurus KKG dan MGMP, pada Selasa (28/9/2021). 

Manager Provinsi INOVASI Kaltara, Handoko Widagdo turut hadir secara virtual dan berpesan bahwa dengan dibukanya kembali Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Tana Tidung tidak berarti bahwa kemampuan anak-anak kita dengan serta merta kembali ke posisi semula.

Ia juga menyarankan agar pembelajaran tidak langsung dilakukan dengan memberikan materi ajar yang levelnya sama dengan kelas anak-anak kini karena mereka baru saja melalui kegiatan pembelajaran jarak jauh selama hampir 1.5 tahun.

Hasil dari beberapa penelitian terkait, hal ini dapat disinyalir bahwa anak-anak mengalami ketertinggalan sekitar 9 bulan sampai 1 tahun belajar dari yang seharusnya.

Ibarat petinju, anak-anak adalah petinju yang sudah lama tidak melakukan latihan apa-apa sama sekali kemudian langsung diajak bertanding melawan petinju lain yang sudah melewati latihan intensif bertahun-tahun.

Jebolan Universitas di Amerika Serikat tersebut mengatakan ada dua hal yang mestinya dapat dilakukan oleh guru:

  1. Memulihkan semangat belajar anak-anak.
  2. Memulihkan kompetensi anak-anak ke posisi awal sebelum pandemi terjadi.

Pada intinya beliau juga mengingatkan untuk tidak terburu-buru mengajar sesuai dengan level kelas saat ini.

KKG dan juga MGMP merupakan forum yang tepat untuk melatih guru agar dapat memberikan dukungan yang tepat bagi siswa agar siswa dapat memulihkan kemampuan belajar mereka. Tugas guru berat, karenanya bernagai pihak perlu memberikan dukungan pada mereka.

Himbauan agar guru dapat menghabiskan waktu di KKG dan MGMP untuk belajar tentang hal-hal yang terkait dengan pemulihan kemampuan belajar siswa juga disampaikan oleh bapak Handoko.

Mewakili Kepala Dinas, AInun Jariyah selaku koordinator pengawas juga mengingatkan para kepala sekolah serta pengurus KKG dan MGMP untuk dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk sesi pelatihan Penyiapan Bahan Ajar di Masa pandemi yang akan segera dilakukan minggu depan. 

Pelatihan yang di dalamnya terdapat materi tentang Pemetaan Kemampuan Siswa dan juga Perencanaan Materi Belajar Terdiferensiasi juga hal yang sangat penting dikuasai guru agar siswa-siswa di Tana Tidung dapat dipulihkan kembali kemampuan belajarnya.

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget