Disdikbud KTT Gelar Bimtek Lingkungan Belajar Berkualitas


Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tana Tidung menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas pada 29-30 September 2021. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas didampingi Sekretaris, Kepala Bidang PAUD dan PNFI, dan Kepala Bidang Kebudayaan.

Kepala Bidang PAUD dan PNFI, Siti Khotijah, S.Sos mengungkapkan bahwa bimtek lingkungan belajar berkualitas merupakan upaya Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah mewujudkan pendidikan berkualitas atau bermutu di satuan pendidikan anak usia dini. Sebagaimana amanat Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 pasal 11 yang menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi. 

"Melalui kegiatan yang didanai Direktorat PAUD Kemendikbud Ristek ini, diharapkan lingkungan belajar berkualitas dapat diwujudkan di Tana Tidung. Tidak hanya berupa sarana dan prasana, tetapi juga kualitas guru, keterlibatan keluarga dan masyarakat, hingga kualitas pembelajaran. Dengan lingkungan belajar berkualitas maka akan tercapai pendidikan berkualitas hingga bermuara pada meningkatnya sumber daya manusia Kabupaten Tana Tidung" tambahnya.

Kegiatan ini menghadirkan 3 narasumber yaitu Bapak M. Agus Triansyah, M.Pd dari BP PAUD Kaltim, Ibu Tri Rahmawati, S.E., ketua HIMPAUD KTT, dan Ibu Mardianti, S.Pd, Ketua IGTKI KTT. Sedangkan peserta terdiri dari Kepala PAUD dan guru PAUD terpilih. Sebelum mengikuti kegiatan seluruh peserta mengikuti rapid tes antigen dan dinyatakan negatif.

Melalui kegiatan ini, peserta dibekali pengetahuan dan keterampilan pembelajaran terdifrensiasi dan pembelajaran berbasis proyek. Setelah mengikuti bimtek, peserta akan mengimbaskan kepada rekan sejawat di satuan pendidikan. Dinas Pendidikan melalui bidang PAUD akan melakukan pendampingan ke satuan pendidikan. 

"Kami akan memastikan bahwa materi pelatihan telah tersampaikan kepada rekan guru dan dipraktikkan dalam pembelajaran. Hasil pembelajaran berbasis proyek akan kita lombakan di waktu akan datang" lanjutnya

Dengan adanya kegiatan ini, ia menaruh harapan terbangunnya sinergitas antar penyelenggara pendidikan untuk meningkatkan layanan pendidikan anak usia dini di Kabuapten Tana Tidung. Mulai dari Kemendikbud Ristek yang pada kesempatan ini diwakili BP PAUD Kaltim, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan satuan pendidikan. 

"Semoga jalinan kerjasama ini dapat terus kita tingkatkan sehingga PAUD KTT makin berkualitas" harapnya.









Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget