IGI Tana Tidung Latih Guru Kreatif Dengan Media Pembelajaran Interaktif

 


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di abad 21 ini berlangsung begitu pesat. Hal tersebut membawa perubahan termasuk dalam dunia pendidikan. Pendalaman pengetahuan dan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran menjadi hal yang tidak dapat dielakkan lagi. Terlebih ditengah pandemi Covid-19 saat ini, pembelajaran jarak jauh menggunakan teknologi dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa.

"Bapak/ibu gurulah yang mengetahui kebutuhan belajar siswanya. Dengan kreativitas guru membuat media pembelajaran  interaktif, maka dapat mendukung proses belajar. Sehingga anak-anak dapat lebih aktif belajar dari rumah" kata Dr. Nilam Suri dari Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat memberi sambutan Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif, pada hari ini, Selasa (13/10/2020).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung, Jafar Sidik, SE (dua dari kanan) didampingi panitia kala membuka kegiatan

Kegiatan yang diselenggarakan Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Tana Tidung tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung, Jafar Sidik, SE. Ia pun memaparkan strategi instansi yang dipimpinnya dalam penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi. Mulai dari pemetaan moda belajar siswa, penggunaan bahan ajar yang kontekstual dan bermakna, program budaya baca, pendampingan belajar, dan monitoring dan evaluasi.

Dari hasil pemetaan moda belajar siswa, terdapat 63% siswa di Tana Tidung belajar menggunakan jaringan internet. "Dengan media pembelajaran interaktif maka dapat digunakan siswa tersebut, terlebih saat ini disediakan kuota internet dari Kemdikbud. Saya berharap media yang dibuat ini dapat menjadi pendamping lembar aktivitas, bahan ajar yang kita kembangkan saat ini" kata Jafar Sidik, SE.

Peserta bersama narasumber berfoto bersama

Menanggapi hal tersebut, Mimi Widiyawati, M.Pd yang bertindak sebagai ketua panitia menuturkan bahwa produk dari pelatihan ini dapat digunakan oleh siswa untuk membantu memperjelas konsep dalam lembar aktivitas tersebut. "Media ini dapat berupa APK yang diinstal di HP atau berupa HTML5 untuk versi website. Jadi bisa unggah di situs gurutanatidung yang disediakan Dinas Pendidikan sehingga dapat diakses siapapun dan di mana pun" tambahnya yang juga Bendahara IGI Kabupaten Tana Tidung tersebut.

Dalam laporannya, ia mengungakapkan bahwa pelatihan tersebut diikuti lebih dari 200 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawasi, hingga Papua. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemda Tana Tidung, IGI Pusat, Narasi, kita bisa.com, dan Kemdikbud yang mendukung kegiatan ini sehingga kita dapat bersilaturahim dan belajar bersama" tutup alumni pasca sarjana Universitas Negeri Jakarta ini.


************************************************************************************************
  1. Materi dapat diunduh di SINI
  2. Undangan peserta dapat diunduh di SINI
  3. Sertifikat peserta dapat diunduh di SINI
  4. Khusus peserta yang mengirimkan karya media pembelajaran interaktif, sertifikatnya diberikan melalui whatsApp pribadi.
Untuk memudahkan menemukan sertifikat, dapat dilihat urutannya sesuai tabel di bawah ini.
Bagian belakan sertifikat berisi materi terdapat pada halaman akhir di kumpulan sertifikat.


Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget