Perdana Diklat Mahir di Kaltara, Kadisdik KTT: PAUD Kita Mesti Unggul


Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung melaksanakan diklat mahir bagi guru PAUD. Jenis diklat tersebut pertama kali digelar di Kalimantan Utara. Bahkan di tingkat nasional pun masih sangat jarang. Beberapa daerah di Indonesia masih berkutat pada diklat jenjang dibawahnya yaitu diklat dasar dan lanjutan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung, Jafar Sidik, SE berharap kegiatan tersebut meningkatkan kompetensi guru dan berdampak pada meningkatnya mutu peserta didik. "Karena hanya guru yang kompeten yang mampu menghantarkan peserta didiknya menguasai kompetensi" jelas Jafar dalam sambutannya saat membuka kegiatan, pada Senin (19/10/2020).


Ia lantas berpesan agar guru di jenjang pendidikan anak usia dini membekali peserta didiknya dengan keterampilan yang dibutuhkan di abad 21 ini. Keterampilan tersebut meliputi berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikasi. 

"Ini hanya dapat dilakukan apabila pembelajarannya juga aktif dan kreatif diantaranya melalui pembelajaran berbasis sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika atau dikenal STEAM. Melalui pembelajaran ini, anak dapat membangun kemampuan berpikir logis dan sistematis" tambahnya.


Selanjutnya ia berharap agar guru selalu mencari dan menemukan inovasi dalam penyelenggaraan pendidikan. "Ibu Tri Lestari Rahmawati, SE, pendidik PAUD Nurul Jadid dapat menjadi model bagi kita. Inovasi dan prestasi kembali diukir di tingkat nasional. Insya Allah ke depan kita menggiatkan pembinaan prestasi sehingga semakin banyak tenaga pendidik yang berprestasi" harapnya.

Pelatihan yang berlangsung hingga enam hari tersebut diikuti 30 peserta. "Peserta dibimbing oleh narasumber ahli dibidangnya yaitu Kepala BP PAUD Dikmas Kaltim, Bapak Akhmad Romansyah, S.Pd., M.Ap, Ibu Sisilia, S.Psi Penyusun Kurikulum 2013 Kemdikbud, Ibu Lucy Yulidasari, M.Psi selaku praktisi PAUD Kalimantan Timur, dan Ibu dr. Lizanty B dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Tidung. Narasumber ada yang hadir secara virtual dan tatap muka" kata Lusiana Dewi Arta, S.S.Pd di sela kegiatan.

Kepala Seksi Peningkatan Mutu Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD tersebut melanjutkan bahwa kegiatan ini dilaksanakannya setelah mengantongi izin dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tana Tidung. "Protokol kesehatan juga kami jalankan. Seperti pengukuran suhu dari tenaga medis Dinas Kesehatan, mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak" tandasnya.



Unduh materi pelatihan berikut ini
Masukkan Password Untuk Melanjutkan Mengunduh Materi!

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget