Gelar Bimbingan Apresiasi GTK PAUD Inovatif, Disdikbud Harap PAUD Tana Tidung Kembali Juara Nasional


Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tana Tidung menggelar Bimbingan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD Inovatif Tahun 2023, pada Jumat (06/10/2023). Guru dan Kepala Sekolah PAUD sebagai peserta dalam kegiatan tersebut mendapatkan bimbingan menuangkan praktik baik dalam bentuk tulisan/naskah dan video oleh Kepala Sekolah dan Guru PAUD Inspiratif Terbaik Nasional Tahun 2023.

Plt Kepala Dinas melalui Kabid PAUD dan PNF, Siti Khotijah mengharapkan Tana Tidung kembali menjadi yang terbaik di Kalimantan Utara dan Nasional pada ajang Apresiasi GTK yang digelar Direktorat Guru, Kemendikbud Ristek RI.  Seluruh satuan PAUD di Tana Tidung didorong berinovasi meningkatkan akses PAUD Berkualitas melalui program PAUD Inovatif.

Ia melanjutkan bahwa pendidikan anak usia dini memiliki peran penting dan strategis dalam meningkatkan sumber daya manusia sebagaimana misi pertama Bupati dan Wakil Bupati Tana Tidung. PAUD meletakkan kemampuan pondasi agar anak siap belajar di pendidikan dasar. Itu sebabnya PAUD disebut juga dengan fondasi pendidikan.

Namun di tahun 2020, anak yang mengikuti PAUD berdasarkan angka partisipasi kasar hanya 46%. Dengan dukungan Bunda PAUD, di tahun 2021 kita melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan anak mengikuti PAUD. Seperti Satu Desa Satu PAUD, Satu PAUD Satu Laptop, PAUD Pra SD, PAUD Inovatif, dan lainnya.

"PAUD Inovatif yaitu meningkatkan anak mengikuti PAUD dengan cara meningkatkan kualitas satuan PAUD. Seluruh satuan PAUD merancang inovasi dan dianggarkan pada RKAS BOP. Implementasinya dipublikasi di media sosial seperti facebook yang saat ini sudah mencapai lebih dari 1.000 postingan. Dengan adanya publikasi tersebut, orang tua dapat memahami maksud dari ragam main yang dilakukan anak dan tumbuh kesadaran pentingnya PAUD" jelasnya.

Dari berbagai upaya tersebut, terjadi peningkatan anak mengikuti PAUD dan kualitas PAUD. Pada Rapor Pendidikan 2023, diketahui angka partisipasi sekolah PAUD mencapai 79,5% dan tertinggi di Kalimantan Utara. Kualitas PAUD yang dinilai melalui akreditasi minimal B mencapai 55%. Sedangkan angka kesiapan sekolah mencapai 83% yang berarti bahwa 83% siswa kelas 1 SD telah mendapatkan layanan PAUD.

"Selain itu capaian membanggakan ditunjukkan oleh guru dan kepala sekolah jenjang PAUD pada Apresiasi Guru dan Kepala Sekolah Inspiratif Tahun 2022. PAUD Tana Tidung menjadi satu-satunya dari Kaltara yang berprestasi di ajang yang digelar Kemendikbud ini. Prestasi ini tentu harus kita pertahankan dan ditingkatkan di tahun ini" pungkasnya.


Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget