ANBK Jenjang SMP Tahun 2023 Berjalan Lancar, Disdik Harap Hasilnya Ditindaklanjuti


Seluruh SMP di Tana Tidung menyelenggarakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Asesmen yang diikuti oleh peserta didik kelas delapan tersebut berjalan lancar. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 18 hingga 19 September 2023. 

Plt. Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Jumadilriansyah mengemukakan bahwa seluruh SMP di Tana Tidung menyelenggarakan ANBK secara mandiri. "AN diikuti oleh seluruh sekolah jenjang SMP baik negeri maupun swasta. Peserta asesmen merupakan siswa kelas 8 yang terpilih secara random melalui sistem" kata Jumadilriansyah.

Adapun indikator yang diukur dalam asesmen ini adalah kemampuan literasi, numerasi, dan karakter siswa. Hasil pengukuran kemampuan siswa disajikan dalam rapor pendidikan yang merupakan gambaran keseluruhan sistem dari satuan pendidikan tersebut. Nilai pada rapor pendidikan terdiri dari kelompok baik, sedang, dan kurang.

Jumadilriansyah menambahkan bahwa jika satuan pendidikan mendapat nilai yang kurang, maka sekolah dapat membuka menu akar masalah yang ada pada rapor pendidikan. Dengan akar masalah tersebut, satuan pendidikan wajib merencanakan program kegiatan yang dapat menyelesaikan permasalahan di sekolahnya. 

"Misalnya jika nilai literasi kurang, maka kegiatan yang dibuat sekolah dapat berupa pelatihan guru terkait strategi mengajar literasi, pengadaan buku teks maupun non teks, program membaca dan lainnya" pungkasnya.









Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget