Bunda PAUD Harap Orang Tua Pahami Setiap Anak Berbakat


Anak-anak adalah hadiah dan karunia dari Allah yang kita terima dengan penuh sukacita. Anak adalah amanah atau titipan. Ada tugas dan tanggung jawab kita sebagai orang dewasa untuk memastikan anak mendapat kesempatan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kita harus menyadari bahwa setiap anak punya potensi dan bakat yang unik. Setiap anak berbeda. Tidak bisa disamakan. Inilah esensi dari Kurikulum Merdeka yang mulai diterapkan di seluruh PAUD di Tana Tidung.

"Menyadari hal itu, saya memberikan kesempatan yang sama kepada anak untuk berkembang sesuai bakatnya masing-masing. Anak menunjukkan kreativitas apa pun jenisnya. Di Tana Tidung, ajang ini kita sebut dengan Kid’s Got Talent. Pemenang di tingkat kecamatan akan mengikuti lomba tingkat kabupaten" kata Vamelia saat perayaan Hari Anak Nasional di Kecamatan Tana Lia, pada Senin (21/08/2023). 

Untuk bisa berkembang dengan optimal, lanjutnya, tentu harus dibarengi dengan pertumbuhan yang baik. Tetapi ada satu persoalan serius yang kita hadapi saat ini yaitu stunting. Hasil Survei Status Gizi Indonesia yang dilakukan Kementerian Kesehatan di tahun 2022, prevalensi stunting di KTT mencapai 30,7%. 

Artinya dari 100 anak, ada 30 orang yang mengalami stunting. Penyebabnya anak kurang asupan gizi. Anak yang mengalami stunting tidak hanya badannya pendek. Tetapi juga membuat kecerdasan anak rendah. Ini menjadi hambatan dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas.

"Untuk mengatasi hal ini, saya meluncurkan inovasi BUSAK PAUD. Yaitu Tumbuh Sehat, Aktif, dan Kreatif. Agar anak tumbuh sehat, kami buat gerakan minum susu dan makan telor sekali seminggu. Yang stunting kita akan penuhi sebagian kebutuhan gizinya di PAUD" urainya.

Bunda PAUD Desa mengawal gerakan ini. Tenaga kesehatan memeriksa dan mengukur berat dan tinggi badan anak secara berkala. Guru melaporkan di aplikasi Busak PAUD. Saya bisa monitoring pertumbuhan dan perkembangan anak dari waktu ke waktu. Orang tua juga bisa mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anaknya.







Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget