Vamelia Ibrahim Berbagi Inovasi Busak PAUD di Kemendikbud Ristek


Bunda PAUD Tana Tidung, Vamelia Ibrahim memenuhi undangan Direktur Guru PAUD dan Dikmas untuk berbagi praktik baik dukungan penanganan stunting di Tana Tidung. Sebagai Bunda PAUD dan Ketua PKK yang menjadi mitra pemerintah daerah, Vamelia konsen membantu mencapai visi dan misinya. 

"Saya berfokus kepada dua hal yang menjadi tantangan saat ini yaitu stunting dan learning loss. Bahkan ini menjadi isu nasional bahkan dunia saat ini. Namun Tana Tidung yang luasnya sekitar 1,5 kali luas provinsi Yogyakarta menjadi tantangan. Belum lagi  geografisnya beragam. Ada desa yang berada di tepi sungai. Ada yang di pulau. Hanya bisa diakses dengan speedboat. Tidak ada transportasi umum untuk darat di sana" kata Vamelia pada acara podcast Direktorat Guru PAUD dan Dikmas yang dilaksanakan di Hotel Gading Serpong, Tangerang, pada Selasa (29/08/2023)

Dari kondisi ini, Vamelia membuat sebuah inovasi yang disebut BUSAK PAUD. Busak dalam bahasa Tidung artinya bunga. BUSAK singkatan dari Tumbuh Sehat, Aktif, dan Kreatif. Ia berharap dimana pun anak di Tana Tidung ia tumbuh menjadi anak yang sehat. BUSAK PAUD ini merupakan implementasi Pengembangan Anak Usia Dini secara holistik integratif atau dikenal PAUD HI. PAUD HI sendiri merupakan salah satu amanat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting.

"BUSAK PAUD sebuah program pemenuhan kebutuhan esensial anak oleh berbagai pihak yang secara terukur dan dimonitoring menggunakan teknologi. Sebelumnya saya telah menyalurkan Satu PAUD Satu Laptop. Ini menjadi pendukung dalam pelaksanaan inovasi ini. Di Busak PAUD, guru melaporkan hasil pengukuran tinggi dan berat badan anak yang rutin dilakukan" jelasnya

Dari aplikasi dianalisa kondisi pertumbuhan anak. Bunda PAUD bersama dengan berbagai organisasi perangkat daerah yang telah menandatangani nota kesepahaman PAUD HI bisa mengetahui anak yang tingginya normal dan yang pendek. Di PAUD mana saja yang memiliki anak yang kizinya kurang. Tindakan apa saja yang sudah diberikan oleh pihak terkait. 

"Apakah ada peningkatan pertumbuhan anak dari waktu ke waktu. Itu bisa saya monitoring. Orang tua juga bisa mengakses pertumbuhan anaknya. Sehingga dapat menjadi alat komunikasi. Dengan adanya Busak PAUD, terbangun sinergitas berbagai pihak untuk mewujudkan anak sehat" pungkasnya

 

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget