Percepat Penurunan Stunting, Seluruh PAUD Terapkan Program PAUD HI


Menindaklanjuti arahan Bupati dan Bunda PAUD Tana Tidung agar dilakukan upaya percepatan penurunan angka stunting, maka seluruh satuan PAUD atau 100% akan menerapkan program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif atau PAUD HI. Hal tersebut disampaikan Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Irdiansyah, S.Sos., M.M dalam laporannya saat pembukaan Bimbingan Teknis Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif, pada Senin, 26 September 2022.

Irdiansyah mengatakan bawah program PAUD HI merupakan salah satu indikator percepatan penurunan stunting di bidang pendidikan sebagaimana diamananatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021. Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif didasari Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013. 

"Merujuk pada regulasi tersebut, PAUD HI dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi. Kebutuhan esensial anak meliputi kesehatan dan gizi, pendidikan, pengasuhan, kesejahteraan, dan perlindungan. Dengan terpenuhinya kebutuhan esensial tersebut, diharapkan anak tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia. Anak yang demikianlah yang kelak menjadi sumber daya manusia yang berkualitas sebagaimana misi pertama Bupati dan Wakil Bupati" harap Irdiansyah.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan peran serta berbagai pihak. Mulai satuan PAUD, organisasi perangkat daerah pada berbagai bidang layanan, hingga Bunda PAUD. Bunda PAUD sebagai figur utama dalam peningkatan akses PAUD Berkualitas melalui layanan holistik integratif. Agar Bunda PAUD Desa dan Bunda Kecamatan dapat menjalankan perannya secara optimal, maka bersama Kepala PAUD akan dibekali teknis implementasi PAUD HI sesuai petunjuk teknis yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

"Peserta Bimtek PAUD HI terdiri dari 5 Bunda PAUD Kecamatan, 32 Bunda PAUD Desa, dan 43 Kepala PAUD se-Kabupaten Tana Tidung. Sedangkan narasumber terdiri dari Bunda PAUD Tana Tidung, Ibu Vamelia Ibrahim yang juga inisiator kegiatan ini membekali peserta tentang peran Bunda PAUD Kecamatan dan Desa dalam penyelenggaraan PAUD HI. Juga ada dari Disdik Kaltara dan Dinkes KTT" pungkasnya.

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget