Inovasi Bertasbih Antarkan Siti Aslamiyah Ke Jakarta


Siti Aslamiyah, S.Pd, Kepala Satuan PAUD Nurul Jadid, bersama beberapa Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) PAUD yang berprestasi dalam ajang lomba PAUD Inovatif tahun 2021, mendapat reward berangkat ke Jakarta untuk peningkatan kapasitas GTK PAUD dengan mengunjungi PAUD KM 0, audensi dengan Direktorat PAUD dan mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Mengingat kembali ke tahun 2021, lomba PAUD inovatif oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung (DISDIK KTT) dilaksanakan saat pandemi Covid 19, dimana hampir semua sekolah merasakan dampak berkurangnya peserta didik. Lomba ini diadakan bertujuan untuk menampilkan inovasi-inovasi pembelajaran dan juga strategi pengelolaan satuan pendidikan, sebagai salah satu cara satuan pendidikan untuk bertahan dari situasi sulit selama Covid 19. 

Juri lomba PAUD Inovasi adalah  Sisilia Mariati, salah satu pakar PAUD dan konseptor Kurikulum 2013 PAUD. Peserta terbaik lomba pendidik urutan 1-3 diraih oleh Jumilah TKIT Tidung Ceria, Sr. Yasinta TK Santa Ursula dan Melly Yanti PAUD Tunas Mekar. Sedangkan dari lomba kepala sekolah, peringkat 1-3 di raih oleh Siti Aslamiyah PAUD Nurul Jadid, Faridhah PAUD Tubus Sepala dan Mardianti TKN Pembina.

Inovasi  karya Siti Aslamiyah yang berjudul “Strategi Pengelolaan Melalui Bertasbih Menuju PAUD Berkualitas di Masa Pandemi”, mempunyai keunikan tersendiri sehingga bisa terpilih menjadi yang terbaik. “Bertasbih memiliki dua arti, pertama yaitu membangun karakter spiritual percaya kepada Allah yang memberi kekuatan dan jalan, selagi manusia  mau berusaha dan berdoa. Arti yang kedua merupakan singkatan dari Berusaha dengan keterbatasan namun punya kelebihan (Bertasbih)”,tutur Siti Aslamiyah.

Lebih lanjut Siti Aslamiyah menjelaskan, bahwa strategi bertasbih ini adalah merupakan cara yang dilakukan PAUD Nurul Jadid untuk memulihkan pendidikan, menarik minat masyarakat untuk kembali menyekolahkan putra putrinya dan meningkatkan perekonomian GTK PAUD Nurul Jadid yang menurun terdampak Pandemi. Caranya dengan menggagas pembelajaran yang menyenangkan, mengaji metode tilawati dan membangun kerjasama dengan kelompok IKM/UKM dengan membentuk kelompok usaha bersama Nurul Jadid (KUBE Nurul Jadid) yang bergerak di industri kuliner makanan ringan, jajanan tradisional, dan minuman rimpang-rimpangan, serta mulai berlatih membatik.

“Terima kasih pada DISDIK KTT yang benar-benar mendukung PAUD, dengan mengadakan lomba yang bisa menjadi ajang unjuk kreatifitas yang bermanfaat meningkatkan mutu satuan pendidikan dan kompetensi GTK PAUD. Saya sendiri masih tidak percaya bisa menjadi juara 1 dan mendapatkan reward yang keren, yaitu berkunjung ke Direktorat PAUD Jakarta secara langsung”, ungkap Siti Aslamiyah dengan senyum bahagia.

Kunjungan ke Jakarta berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 14-17 September 2022. Istimewanya, selain Kepala Bidang dan Kepala Seksi PAUD dan PNF DISDIK KTT, Bupati dan Bunda PAUD KTT juga ikut mendampingi para jawara PAUD ini melakukan kunjungan kebeberapa tempat yang berkaitan dengan PAUD. Tetaplah berdoa dan berusaha dengan maksimal, yakinlah Tuhan akan menunjukkan jalan kesuksesan dengan caraNya yang indah.

(Tri Lestari rakhmawati)

 


Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget