Kenalkan Ibadah Puasa Dengan Cara Menyenangkan


HIMPAUDI Kecamatan Sesayap mengadakan Pesantren Kilat Ramadhan yang bertempat di aula Masjid Agung At-Taqwa, pada Selasa (12/4/2022). Acara ini diikuti oleh 150 anak dari 8 satuan PAUD yaitu Al-Amin, Al Khairaat, Nurul Jadid, Permata Bunda, Cahaya Mahkota, Harapan Bunda, Alam Indah, dan Tunas Anugrah.

Pesantren Kilat dengan tajuk “Aku Senang Berpuasa” ini dikemas dengan kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak. Diawali dengan gerakan berwudhu dengan tepuk-tepuk dan nyanyian, sholat Dhuha berjamaah, doa bersama, tausiah dongeng boneka Lili dan Beny oleh Kak Ila, serta ditutup nontong bareng film berhadiah. 

"Acara PASKIL ini bertujuan untuk mengenalkan ibadah puasa Ramadhan sejak dini pada anak-anak, menumbuhkan perilaku mulia sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, dan menanamkan kedisiplinan serta istiqomah dalam beribadah" kata Ketua HIMPAUDI Kecamatan Sesayap, Fitriani S.Pd.

Keseruan anak-anak semakin terlihat saat menonton film Nusa dan Rara yang berjudul Latihan Puasa. Mereka fokus mendengar ceritanya karena ingin bisa menjawab pertanyaan dan mendapat hadiah. Anak-anak sampai berebut mengangkat tangannya, bahkan ada yang menangis tidak mendapatkan kesempatan menjawab.

 “Saya senang mengikuti kegiatan seperti ini, walaupun di sekolah hanya 2 anak yang beragama islam. Saya mengharapkan mereka dapat bersosialisasi dengan anak-anak dari PAUD lain dan lebih memahami kegiatan keagamaan" tutur Diana, Kepala PAUD Tunas Anugrah.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam ini, diharapkan dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk anak-anak. Mereka akan memahami bahwa berpuasa Ramadhan itu selain wajib bagi umat islam, juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Mari bersama kita tanamkan nilai-nilai agama sejak dini, untuk menjadikan generasi penerus bangsa yang berbudi. 

Penulis: Tri Rakhmawati

Editor: Admin








Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget