Meneladani Akhlak Rasulullah, Ini Yang Dilakukan TK Negeri Terpadu Unggulan

 


TANA LIA - TKN Terpadu Unggulan Tana Tidung dalam Ramadhan Ceria, mengusung Tema “ Indahnya Meneladani Akhlak Rasulullah SAW “. Diselenggarakan pada Hari Rabu-Jumat, Tanggal 6-8 April 2022, di tiga titik lokasi sesuai sub-sub kegiatan. Sebagai seorang muslim muslimah seyogyanya dalam kehidupan sehari-hari selalu meneladani akhlak Rasulullah, dimana dan kapan pun itu. Baik dalam bersikap maupun saat melakukan suatu aktifitas.

Kepala Sekolah TKN Terpadu Unggulan Tana Tidung, Nur Inayah Z,S.Ag, mengatakan dalam kegiatan Ramadhan Ceria, ia menekankan agar anak-anak  selalu berperilaku baik dan menjaga adab dalam beraktivitas, baik pada orang tua, guru, teman , tetangga dan siapa saja tanpa terkecuali.  

Kegiatan tersebut selain melibatkan anak, juga melibatkan orang tua dan masyarakat sekitarnya. Ada beberapa kegiatan, diantaranya Ramadhan Berbagi, Bazar Ramadhan, Menjejak Gambar  dan  Praktek  Bertamu.

Indahnya kebersamaan yang dihelat TKN Terpadu Unggulan Tana Tidung  dikemas dalam Tema khusus Ramadhan yaitu Meneladani Akhlak Rasulullah. Keteladanan akhlak tersebut langsung diimplementasikan melalui :

1. Bazar Ramadhan, dengan praktek cara berdagang Rasulullah, sementara pembeli adalah orang tua. Dalam transaksi jual beli akan terjadi tawar menawar harga, maka akan muncul stimulasi dan berpikir spontan  pada anak yang mengasah kemampuan kognitif dan Bahasa. Implementasi profil pelajar Pancasila adalah kemampuan berinteraksi secara positif antar sesama, kemampuan komunikasi intercultural dan mampu memaknai pengalamannya di lingkungan majemuk, sesuai point Berkebinekaan Global dalam profil pelajar Pancasila.

2. Ramadhan Berbagi, yaitu sedekah dan berbagi takjil. Kegiatan berbagi akan menumbuhkan sikap peduli dan menjadi pilar profil pelajar Pancasila pada point Gotong Royong.

3. Menjejak Gambar, adalah kegiatan mencari jejak perilaku terpuji pada sebuah gambar dalam amplop, sebuah perjuangan meraih kemenangan bak puasa berjuang melawan hawa nafsu, dan tidak berputus asa saat mengalami kegagalan. Dalam profil pelajar Pancasila, kegiatan ini ada pada elemen mandiri.

4. Adab Bertamu, praktek bertamu yang baik dan menjadi tuan rumah yang menghormati tamunya. Anak-anak dibagi menjadi empat kelompok didampingi guru kelasnya yang selanjutnya bertamu ke rumah orang tua, hal ini diharapkan saat bertamu pada idul fitri, anak-anak sudah dibekali adab bertamu dan melayani tamu,sebagaimana dalam sebuah hadits dikatakan, “Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tamunya” (HR.Bukhari). Beriman, bertaqwa pada Tuhan YME dan berakhlak mulia ,Profil Pelajar Pancasila agar anak memiliki akhlak pribadi, akhlak kepada sesama, akhlak kepada alam, dan akhlak dalam bernegara.

Kepala Sekolah TKN Terpadu Unggulan Tana Tidung  menuturkan tujuan kegiatan tersebut, “agar anak mampu mengolah tindak dengan sopan, mengolah kata dengan santun. Sehingga dapat diimplementasikan baik di rumah, di sekolah maupun dalam lingkungan sekitar. Sebagaimana penerapan karakter dalam profil pelajar Pancasila”.

Sebagian besar hadir dalam kegiatan tersebut adalah orang tua murid. Rasa haru dan apresiasi kepada mereka yang selalu antusias dan selalu mendukung  kegiatan sekolah.

“Keseruan berebut barang dagangan saat mengunjungi Bazar Ramadhan adalah pengalaman unik yang baru pernah terjadi selama anak saya sekolah di TK”. Kata Hamzah, salah satu orang tua peserta didik, yang hadir saat itu sembari tertawa lepas . (Nur Inayah Z, S.Ag) 





 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget