Tana Tidung Siapkan PENEBAIS, Kepala BSKAP Puji Bupati Ibrahim Ali


Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemdikbudrisek, Anindito Aditomo, S.Psi.,M.Phil., Ph.D terkesan dengan kebijakan Bupati Ibrahim Ali menghadapi pandemi COVID-19. Dalam rapat Komite Tata Kelola Program INOVASI Fase II di Kantor Gubernur Kaltara, Tanjung Selor, Selasa (21/12), Anindito secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih dan pujian kepada orang nomor satu di Tana Tidung itu.”Bapak Bupati Ibrahim melakukan banyak langka-langkah inovatif untuk memulihkan pembelajaran,” kata doktor pendidikan dari Universitas Sydney itu.

Lebih lanjut Anindito mengatakan, Ia sudah mendengar rencana Tana Tidung untuk memprioritaskan pemulihan pembelajaran di tahun 2022. Tana Tidung mempersiapkan program inovatif yang diberi nama Pemulihan Kemampuan Belajar Siswa disingkat PENEBAIS. Dalam Bahasa Suku Tidung, PENEBAIS memiliki arti memperbaiki atau memulihkan. Anindito menilai makna kata PENEBAIS sangat luar biasa dan relevan dengan kondisi terkini. Ia berharap hasil program ini bisa menjadi contoh baik di masa depan.

Dalam forum yang sama, Sekdisdikbud Tana Tidung, Irdiansyah mengatakan implementasi PENEBAIS di tingkat SD didukung INOVASI, sedangkan ditingkat SMP didukung Program PINTAR Tanoto Foundation. Pelatihan dan pendampingan agar guru mampu melakukan pemulihan pembelajaran telah dilakukan melalui kelompok kerja guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sepanjang 2021. “Kami telah melatih 396 guru SD dan 193 guru SMP untuk melakukan pemulihan pembelajaran,” tambahnya.

Lebih lanjut Irdiansyah mengatakan pelatihan dan pendampingan secara intensif telah dilakukan melalui kelompok kerja guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Pelatihan dan pendampingan ini sudah kami lakukan sepanjang tahun 2020 dan 2021. “Guru-guru kami telah terlatih untuk menggunakan kurikulum darurat, melakukan assesmen diagnostic, membuat materi ajar yang berbeda, melakukan pembelajaran terdiferensiasi, dan membantu siswa yang mengalami ketertinggalan,” tambahnya.

Rapat Komite Tata Kelola Program INOVASI Fase II dihadiri Kepala BSKAP Kemdikbudristek Anindito Aditomo, Pejabat Senior Kedutaan Besar Australia di Jakarta Daniel Woods, Plt. Asisten III Gubernur Kaltara Haerumudin, Kepala LPMP Kaltara Jarwoko, dan Kadisdikbud Kaltara Teguh Henri Sutanto. 

###

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget