589 Guru Tana Tidung Implementasikan PENEBAIS Tahun 2022


Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tana Tidung telah mempersiapkan program khusus untuk mendukung pemulihan pembelajaran di tahun 2022. Program ini diberi nama Program Pemulihan Pembelajaran Siswa disingkat PENEBAIS. “
Dalam Bahasa Suku Tidung, PENEBAIS memiliki arti memperbaiki atau memulihkan,” terang Sekdisdikbud Tana Tidung, Irdiansyah dalam Rapat Komite Tata Kelola Program INOVASI Fase II secara hybrid di Kantor Gubernur Kalimantan Utara, Tanjung Selor, Selasa (21/12).

Irdiansyah mengatakan implementasi PENEBAIS di tingkat SD didukung INOVASI, sedangkan ditingkat SMP didukung Program PINTAR Tanoto Foundation. Pelatihan dan pendampingan agar guru mampu melakukan pemulihan pembelajaran telah dilakukan melalui kelompok kerja guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sepanjang 2021. “Kami telah melatih 396 guru SD dan 193 guru SMP untuk melakukan pemulihan pembelajaran,” tambahnya.

Lebih lanjut Irdiansyah mengatakan pelatihan dan pendampingan secara intensif telah dilakukan melalui kelompok kerja guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Pelatihan dan pendampingan ini sudah kami lakukan sepanjang tahun 2020 dan 2021. “Guru-guru kami telah terlatih untuk menggunakan kurikulum darurat, melakukan assesmen diagnostic, membuat materi ajar yang berbeda, melakukan pembelajaran terdiferensiasi, dan membantu siswa yang mengalami ketertinggalan,” tambahnya.

Program pemulihan pembelajaran juga mendapat dukungan dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Tana Tidung. Dukungan ini diwujudkan dengan mendorong berdirinya Taman Baca Masyarakat (TBM) di setiap desa. Nantinya TBM ini akan bersinergi dengan sekolah untuk membantu siswa yang mengalami masalah pembelajaran. “Kami berterima kasih karena Program INOVASI juga mendukung program ini,” tutupnya.

Rapat Komite Tata Kelola Program INOVASI Fase II dihadiri Kepala BSKAP Kemdikbudristek Anindito Aditomo, Pejabat Senior Kedutaan Besar Australia di Jakarta Daniel Woods, Plt. Asisten III Gubernur Kaltara Haerumudin, Kepala LPMP Kaltara Jarwoko, dan Kadisdikbud Kaltara Teguh Henri Sutanto.

###

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget