DPRD Kabupaten Berau Apresiasi Pendidikan KTT


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tana Tidung, Jafar Sidik, S.E didampingi Sekretaris dan staf menerima kunjungan Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Berau di ruang kerjanya, pada Senin (13/12/2021). 

Kunjungan tersebut dalam rangka konsultasi dan koordinasi terkait pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Selain itu, pengembangan sekolah terpadu di Tana Tidung juga menjadi pembahasan diantara kedua lembaga tersebut.

"Tana Tidung membuka PTM secara meluas pada 8 April 2021. Sebelumnya kita pilot project di dua SMP di zona hijau pada 26 Oktober 2020. PTM dibuka dengan mengacu pada SKB 4 Menteri. Kami lalu menyusun SOP (Standar Operasional Prosedur). Termasuk mitigasi resikonya. Selain itu, kerjasama lintas sektor melalui Pos Pendidikan juga sangat penting. Dan yang paling utama ialah komitmen Kepala Daerah memberikan layanan pendidikan yang aman dan sehat. Karena kalau sekolah ditutup, anak-anak kita mengalami learning loss" jelas Jafar Sidik.

Mengenai sekolah terpadu unggulan, Jafar menjelaskan bahwa pemerintah daerah menggunakan dana APBD membangun sekolah tersebut di tiga kecamatan. Penganggarannya dilakukan melalui tahun jamak (multi years).

"Untuk TK-SD di Kecamatan Tana Lia. SD-SMP ful day school di Kecamatan Sesayap Hilir. SMP-SMA di Kecamatan Sesayap. SMPnya boarding school dan sudah berjalan tahun ketiga. SMAnya belum karena kewenangan Pemerintah Provinsi sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014" tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Berau, H. Ahmad Rifai, S.T., M.M mengatakan bahwa Tana Tidung sangat baik dalam menyiapkan sumber daya manusia ke depan. Menurutnya, boarding school sangat baik untuk mengembangkan potensi peserta didik dari berbagi wilayah (desa). Kelak, Tana Tidung mampu bersaing dengan daerah lainnya yang telah lebih dulu berkembang.

"Luar biasa Tana Tidung. Di Berau belum ada boarding school. Begitu juga PTM, belum semua sekolah dibuka. Masih spot (titik) tertentu saja. Misal di suatu kecamatan baru beberapa yang dibuka. Sedangkan Tana Tidung sudah membuka secara menyeluruh. Ini patut dicontoh" tambah Ahmad Rifai yang didampingi H. Suharno dan Rudi P Mangunsong, S.H selaku anggota DPRD Berau.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, kunjungan serupa juga dilakukan Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bulungan.

Tulisan ini juga dipublikasi di TribunKaltim dengan judul Disdikbud KTT Terima Kunjungan DPRD Berau, Konsultasikan Pembelajaran Tatap Muka dan ini

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget