Sekolah Bersih Cerminan Disiplin Diri


"Kebersihan pangkal kesehatan", sepertinya bukan hanya sekedar slogan biasa bagi warga SMP Negeri 5 Tana Tidung. Kegiatan Jum'at Bersih yang biasa dilakukan setiap dua minggu sekali nyatanya membawa dampak baik bagi sekolah yang terletak di kaki gunung Rian tersebut.

Selain berusaha mewujudkan lingkungan bersih, kegiatan ini rupanya dapat meningkatkan kepatuhan diri warga sekolah terhadap kesadaran akan pentingnya kesehatan. Sesuai dengan misi yang diemban oleh sekolah, bahwa sekolah akan mampu menanamkan kesadaran akan pentingnya hidup sehat bagi warga sekolah.

Berbaurnya guru dengan siswa dalam membersihkan lingkungan merupakan salah satu pendekatan agar proses belajar mengajar di kelas menjadi lebih mudah. Dengan kegiatan bersih-bersih ini, dapat mengurangi kesenjangan antara guru dengan siswa atau antar siswa. Selain itu, juga dapat meningkatkan rasa tolong menolong dan saling peduli, serta berkembangnya karakter siswa sesuai Profil Pelajar Pancasila dengan yaitu bergotong royong.

Kegiatan Jumat Bersih ini juga dapat dianggap sebagai salah satu bentuk dari pembelajaran kontekstual dengan materi berupa kegiatan rekreasional dan aktivitas fisik, serta penguatan karakter dan budaya. Bila para guru dan siswa mampu menjadikan kegiatan ini sebagai suatu kebiasaan, maka perwujudan kedisiplinan diri akan tercapai. Disiplin merupakan suatu hal yang tidak dapat dilaksanakan secara mendadak, namun harus melalui proses "keseringan" terlebih dahulu.

Penulis: Jusia Romadiyani

Editor: Admin

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget