Peringati Hari Kartini, SMP Negeri Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung Gelar Lomba Literasi


Hari Kartini diperingati pada tanggal  21 April setiap tahunnya. Dalam peringatan tahun ini, SMP Negeri Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung mengadakan lomba literasi untuk pertama kalinya. Tema peringatan Hari Kartini yang dipilih ini sesuai dengan kondisi  saat ini yaitu "Menjadi Kartini Sejati di Era Pandemi". 

Adapun lomba-lomba yang diadakan yaitu lomba mengarang, lomba baca puisi, lomba nyanyi solo, dan lomba desain poster. Semua cabang lomba bertema Kartini. Seperti lomba mengarang, siswa menulis tentang Kartini dan emansipasi serta peran wanita saat ini. 

Untuk lomba puisi, siswa menulis dan membacakan puisi yang bertemakan Kartini. Begitu juga dengan lomba desain poster. Sedangkan pada bidang lomba nyanyi solo, siswa wajib membawakan dua lagu yaitu "Ibu Kita Kartini" dan "Mars Tana Tidung". Lagu mars ini dimaksudkan agar siswa lebih mengenal lagu kebanggaan daerah  sejak dini.

Setiap siswa hanya bisa mengikuti satu cabang lomba dan peserta lomba wajib mengenakan pakaian ala Kartini atau bertema pahlawan  dan daerahnya. 

Lomba dimulai sejak pukul 09.00 dan diakhiri pada pukul 12.30 WITA dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang. Tak lupa juga protokol kesehatan tetap selalu dipatuhi oleh seluruh warga sekolah agar lomba ini berjalan lancar dan menghindari resiko penyebaran Covid-19. 

"Lomba ini untuk mengembangkan bakat siswa terutama di bidang literasi serta tidak lupa untuk menyisipkan kearifan budaya lokal dengan mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi saat ini "ujar Syamsudin, S.Pd selaku Kepala Sekolah dan penanggung jawab kegiatan ini. 

Ia melanjutkan bahwa di masa-masa mendatang sekolah unggulan ini akan terus melakukan lomba-lomba dan kegiatan lainnya. "Agar dapat terus meningkatkan minat dan bakat siswa terutama di bidang literasi sekaligus dapat meneladani pahlawan kemerdekaan kita seperti sosok R.A Kartini ini "tutupnya.

Penulis: Maslan

Editor: Admin

Siswa dengan membaca puisi bertemakan Kartini


Siswa sedang mengikuti lomba mengarang

Siswa sedang membuat poster

Penyerahan piagam kepada pemenang

Juara 1 lomba desain poster

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget