Koran Kaltara: Disdikbud Siapkan Program Sidik


 
TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Guna meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Kabupaten Tana Tidung (KTT) secara merata di tiap desa, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) KTT memprogramkan Sistem Informasi Pendidikan (Sidik).

“Melalui Sidik ini nanti semua guru dan siswa akan terawasi dengan baik, misalnya untuk pengawasan guru hari ini mengajar atau tidak, atau guru mau cek kenaikan pangkat pada bulan ini atau tahun ini jadi semua tercover sedangkan untuk siswanya kita akan lihat di sekolah yang ada di desa atau kecamatan mana apakah siswa A ini bisa membaca, bisa memahami bacaan atau bisa menarik kesimpulan dari apa yang dibacanya, ini akan terlihat dan terpantau melalui Sidik,” kata Kepala Disdikbud, Jafar Sidik, Kamis (25/3/2021) kepada Koran Kaltara.

Menurutnya, kalau melalui data siswa yang diberikan sekolah secara manual tidak dapat diketahui dengan pasti apakah siswa bisa membaca, memahami bacaan atau mengambil kesimpulan, karena pengalamannya ada siswa yang diketahui di Kelas 4 tapi masih gagap dalam membaca.


“Sekarang ini kita tidak tahu guru bisa saja menaikkan kelas siswanya saja tanpa mengetahui dengan pasti bisakah siswanya membaca, bisakah memahami bacaan dan bisakah siswa menarik kesimpulan, atau ada yang belum tahu berhitung sementara sudah di kelas tinggi atau Kelas 4, dan ini suatu PR yang harus kita kerjakan supaya anak-anak kita meningkat mutu pendidikannya,” jelas dia.

Dia mengakui, dengan ketertinggalan yang ada di sekolah nanti akan dapat terkejar dengan bimbingan belajar supaya tiap siswa mampu melaksanakan ketiga unsur belajar ini yakni bisa membaca, memahami bacaan dan mengambil kesimpulan dari tiap bacaannya, selain itu tiap guru juga lebih didisplinkan lagi dalam proses belajar mengajar.

“Kita bimbing untuk adakan les-les supaya cepat penanganannya, ada juga anak kelas 4 yang tidak bisa membaca ini sangat disayangkan, kita akan lihat seberapa jauh perkembangan tiap anak, bisa membaca ternyata tidak bisa memahami bacaan tapi adalagi anak yang tahu membaca dan memahami bacaan tapi tidak bisa mengambil kesimpulan bacaan, akan lebih baik bisa ketiga-tiganya,” harap dia.

Dia mentargetkan akan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sejak dini melalui pendidikan, program Sidik yang sudah dipaparkannya di depan Bappeda KTT mendapatkan respon positif  untuk lebih ditingkatkan lagi.

Baca selengkpanya di https://korankaltara.com/disdikbud-siapkan-program-sidik/

Labels:

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget