Koran Kaltara: Sekolah Mulai Terapkan Belajar Tatap Muka


TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Senin (4/1/2021) kemarin, pembelajaran tatap muka mulai diterapkan kembali sekolah di dua kecamatan yakni Kecamatan Muruk Rian dan Kecamatan Betayau. Dua kecamatan ini bebas penyebaran COVID-19 atau masuk dalam zona hijau sehingga tatap muka di sekolah dapat diterapkan kembali seperti dua bulan sebelumnya.

Dua sekolah yang mendapat kesempatan membuka sekolah yakni SMPN 3 Tana Tidung di Kecamatan Betayau dan SMPN 5 Tana Tidung di Kecamatan Muruk Rian.

“Hanya dua kecamatan ini yang masih lanjut pembelajaran tatap muka, sedangkan yang lainnya sambil menunggu proses masih berlakukan Belajar Dari Rumah (BDR) dengan cara dalam jaringan (daring) atau luar jaringan (luring),” kata Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) pada Dinas Pendidikan, Irdiansyah, Senin (4/1/2021).

Diketahui, ijin belajar tatap muka yang dikantongi oleh sekolah  di Kecamatan Betayau dan Muruk rian dari Dinas Pendidikan berdasarkan ijin Bupati dan rekomendasi Dinas Kesehatan setelah melalui proses supervisi di melalui proses yang panjang dan pihak sekolah harus sebisa mungkin mempertahankan kondisi warga satuan pendidikan agar tidak ada satupun yang terkena virus berbahaya dari Wuhan, China tersebut.

“Sekolah yang mendapat kesempatan membuka sekolah harap terus mempertahankan kondisi yang mengacu pada aturan prokes, utamakan warga satuan sekolah menggunakan masker baik pendidik maupun anak didik, kemudian menyiapkan fasilitas pencuci tangan yang wajib dipakai warga satuan sekolah sebelum dan sesudah melakukan kegiatan belajar mengajar, menjaga jarak yang menyesuaikan dengan aturan prokes terutama susunan bangku dan meja, serta hal-hal yang diperlukan,” urai dia.

Irdiansyah menjelaskan, pihak sekolah juga wajib mengurangi porsi anak didik di tiap lokal atau ruangan belajar, maksimal 50 persen dari jumlah anak didik dalam satu kelas dan membuat jadwal belajarnya anak didik dengan tujuan mengurangi kerumunan, hal-hal yang mengacu pada aturan prokes wajib terus diutamakan dan diperhatikan pihak sekolah.

“Jika ini dilanggar maka sekolah juga yang mendapatkan imbasnya, yang kita inginkan tidak adalagi penyebaran COVID-19 begitu sekolah dibuka,” harap dia.

Sementara, Kepala SMPN 3 Tana Tidung di Kecamatan Betayau, Siti Kariah menilai pembelajaran tatap muka di tengah pandemi menjadi sebuah tantangan dan pengalaman yang tak terlupakan selama dia mengabdi dan turut berkecimpung di dunia pendidikan, masa pandemi warga satuan sekolah baik pendidik dan anak didik semuanya lebih steril, mau tidak mau harus lebih fokus sama urusan kesehatan masing-masing.

“Dulu kita bisa berkumpul, bercanda satu sama lain tapi sekarang ini semuanya terbatas dengan batasan menjaga jarak, menghindari kerumunan dan setiap aktivitas yang kita kerjakan dibatasi masker, faceshield bahkan sarung tangan demi keamanan dan keselamatan diri masing-masing, kita tetap berharap pandemi segera berakhir dan aktivitas normal belajar mengajar dapat dilakukan kembali supaya anak-anak lebih maksimal lagi belajarnya,” pinta dia. (*)

Reporter: Hanifah

Editor: Nurul Lamunsari

Sumber: https://korankaltara.com/sekolah-mulai-terapkan-belajar-tatap-muka/

Labels:

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget