Koran Kaltara: Dua Kecamatan Jadi Percontohan Sekolah Tatap Muka


TANA TIDUNG, Koran Kaltara
 – Rencana membuka sekolah dengan pembelajaran tatap muka pada awal Januari mendatang, ada dua kecamatan yang hingga saat ini menjadi percontohan bagi kecamatan lainnya dalam pelaksanaan tatap muka di sekolah tersebut, yakni SMP Negeri 3 Tana Tidung di Kecamatan Betayau dan SMP Negeri 5 Tana Tidung di Kecamatan Muruk Rian.

Dua kecamatan ini disinyalir memenuhi persyaratan dengan mobilitas warga, rasio guru dengan siswa, tingkat resiko penyebaran Covid-19 dan dukungan masyarakat untuk membuka sekolah.

Kepala SMP Negeri 3 Tana Tidung di Kecamatan Betayau, Siti Kariah mengakui dalam dua bulan belakangan ini sekolahnya mendapatkan kesempatan membuka sekolah dan melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan para siswanya. Namun tetap mengikuti aturan dan standar protokol kesehatan (prokes).

“Bersyukur dalam dua bulan melaksanakan pembelajaran tatap muka langsung dengan anak-anak di sekolah berjalan dengan lancar dan kami menjalankan pembelajaran sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) sehingga sampai saat ini warga satuan pendidikan masih aman dan semoga ini akan terus terjadi,” ujar dia, Kamis (17/12/2020).

Sebelum membuka sekolah ada beberapa tahapan yang harus dijalani, mulai persiapan sekolah berstandar prokes dengan persiapan fasilitas pencuci tangan, menggunakan masker. Kemudian ada petugas yang melakukan pengecekan suhu tubuh dan mengatur kursi serta meja.

Setelah itu harus menjalani simulasi sebelum dilakukan evaluasi dan penilaian sampai tahapan dikeluarkannya izin dari kepala daerah dan reekomendasi dari instansi terkait untuk membuka sekolah.

“Prosesnya membuka sekolah memang cukup panjang, tapi ini dilakukan pemerintah untuk memastikan membuka sekolah akan aman bagi siswa, guru dan warga sekolah lainnya. Kita beruntung sampai sekarang ini semua siswa dan warga satuan pendidikan benar-benar menaati aturan prokes,” harap dia. (*)

Reporter: Hanifah
Editor: Nurul Lamunsari

 Sumber: https://korankaltara.com/dua-kecamatan-jadi-percontohan-sekolah-tatap-muka/

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget