UKS Tana Tidung Juara, Disdik Harap UKS Optimal Mencegah Penyebaran Covid-19



Tiga sekolah di Tana Tidung di setiap jenjang menjuari Lomba Sekola Sehat yang diselenggarakan Tim UKS Provinsi Kalimantan Utara. Ketiga sekolah tersebut menerima piagam penghargaan, tropi, dan uang pendidikan. Dinas Pendidikan mengapreasiasi dan memotivasi agar prestasi yang diraih dapat ditingkatkan di masa mendatang. 

Dinas Pendidikan juga berharap agar UKS mengoptimalkan perannya dalam pencegahan Covid-19. Kehadiran UKS menjadi salah satu syarat yang diverifikasi Dinas Kesehatan dan harus dipenuhi untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran tatap muka di sekolah. Hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Pendidikan melalui Sekretaris, Andi Prasetyo, ST dalam sambutannya pada rangkaian acara penyerahan penghargaan lomba UKS tingkat provinsi Kalimantan Utara, pada Kamis (24/12/2020).

Ia melanjutkan bahwa UKS diharapkan dipahami bukan hanya sebagai ruang pelayanan bagi siswa yang sakit atau pingsan, tetapi  juga sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas kesehatan di sekolah melalui upaya pensosialisasian, pemeliharaan, dan peningkatan kesehatan peserta didik. 

Menurutnya, UKS yang merupakan ekstrakurikuler juga seyogyanya mengambil peran dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pengintegrasian materi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan penanganan dan pencegahan Covid-19 dengan kompetensi dasar.   

"Kita berharap, dengan pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah dapat berdampak pada lingkungan lebih luas. Mulai dari lingkungan rumah hingga masyarakat. Dengan demikian, UKS memiliki peran penting dalam mewujudkan Kabupaten Tana Tidung yang sehat dan produktif" harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Irdiansyah, S.Sos, MM mengatakan bahawa UKS di Tana Tidung terus ditingkatkan kualitasnya. Mulai dari sarana dan prasarana hingga struktur kepengurusannya.

"SK Tim Pembina UKS Tingkat Kabupaten Tana Tidung tengah dalam proses. Semoga dengan kehadiran Tim Pembina UKS Kabupaten ini, dapat mendorong UKS di sekolah menjadi lebih optimal termasuk dalam pencapaian lomba UKS Tingkat Provinsi"  tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Tim Pembina UKS Provinsi Kalimantan Utara yang menyerahkan trofi dan piagam penghargaam. Penghargaan diberikan kepada SD Negeri 001 Tana Tidung yang berhasil meraih Juara II. Sedangkan SMP Negeri Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung dan SMA Negeri Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung masing-masing meraih Juara 3.

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget