Penilaian Akhir Semester Mengutamakan Penilaian Portofolio


Dalam penilaian kompetensi siswa di semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021, Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung mengambil kebijakan yang dituangkan dalam Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Nomor 420/Disdik.I-1/XII/2020.

Melalui surat edaran tersebut, ditegaskan bahwa penilaian akhir semester (PAS) dilakukan dengan jenis penilaian portofolio pada lembar aktivitas. Selain itu dalam masa PAS, guru juga dapat melakukan penilaian kinerja berupa produk, praktek, atau proyek.

Kepala Dinas Pendidikan melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Irdiansyah, S.Sos.,MM mengemukakan bahwa penilaian portofolio dan kinerja merupakan penilaian otentik yang lebih tepat digunakan untuk memotret kompetensi siswa. 

"Portofolio pada penilaian sumatif dilakukan dengan cara menilai hasil pekerjaan siswa pada lembar aktivitas dan pilih nilai terbaik pada setiap kompetensi dasar. Selanjutnya, guru dapat memilih kompetensi dasar tertentu untuk dilakukan penilaian kinerja" ujar Irdiansyah saat Sosialisasi Penilaian Akhir Semester, Perubahan Kalender Pendidikan, dan Kebijakan Lainnya, pada Senin (7/12/2020).

Kebijakan penilaian ini dilakukan untuk memberi waktu lebih luang kepada guru dalam menyelesaikan penilaian pada lembar aktivitas yang telah dikerjakan siswa selama belajar dari rumah. Selain itu, hal ini juga dimaksudkan untuk mengurangi beban guru dan siswa di masa pandemi yang lebih berat dibanding di masa normal.

"Kita ketahui, guru harus membuat bahan ajar berupa lembar aktivitas dan digandakan untuk seluruh siswa. Guru lalu harus mengajar dari rumah ke rumah siswa yang kita sebut dengan pendampingan belajar" tambahnya.

SMP Negeri 3 Tana Tidung sebagai pilot project pembelajaran tatap muka di masa pandemi  menyelenggarakan penilaian akhir semester di sekolah menggunakan teknologi

Penilaian jenis tes, lanjutnya, dapat dilakukan di sekolah apabila sekolah tersebut telah diberi izin pembelajaran tatap muka. Penilaian jenis tes juga dapat dilakukan secara jarak jauh menggunakan teknologi. Ia menegaskan bahwa penilaian jarak jauh menggunakan teknologi hanya dilakukan apabila pilihan moda belajar siswa jenis daring.

"Penilaian jenis tes merupakan pilihan yang dapat dilakukan jika penilaian portofolio telah selesai dilakukan. Nilai tes tertulis ini menguatkan nilai pada hasil penilaian portofolio dan kinerja. Jadi tidak mengurangi hasil penilaian tersebut" katanya mengakhiri.

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget