Guru Antarkan Bahan Ajar Ke Rumah Siswa, Dinilai Tak Cukup

Guru TK Negeri Pembina sedang mendampingi anak belajar di rumahnya 



Sejak Maret lalu, Pemerintah Kabupaten Tana Tidung mengalihkan pembelajaran tatap muka di sekolah menjadi belajar dari rumah. Keputusan ini tak lain untuk kesehatan dan keselamatan siswa, guru, keluarga, dan masyarakat. Hal ini pun menjadi prinsip dalam penyelenggaraan program belajar dari rumah atau dikenal BDR.

Dalam menjalankan program tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung tetap mengupayakan seluruh siswa terjangkau layanan pembelajaran dengan memfasilitasi guru mengembangkan bahan ajar berupa lembar aktivitas. Bahan ajar tersebut diantarkan guru ke rumah siswa secara berkala. 

Namun apa yang dilakukan guru tersebut dinilai tidak cukup. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung, Jafar Sidik, SE mengungkapkan bahwa guru tak sekedar mengantar bahan ajar tetapai juga harus disertai proses pembelajaran. 

"Guru juga perlu melakukan pendampingan belajar dengan melakukan proses pembelajaran di rumah siswa. Jadi tidak hanya  mengantar, tetapi juga membimbing siswa melakukan aktivitas belajar yang telah direncanakan dalam bahan ajar tersebut" kata Jafar Sidik akhir pekan lalu. 

Kasie GTK PAUD, Lusiana Dewi Arta S, S.Pd menambahkan bahwa dalam kunjungan belajar yang dilakukan guru tersebut, pihaknya (Bidang PAUD) menyediakan biaya transportasi yang bersumber dari APBD dan ABPN.

"Ada dana BOP dan Dana Alokasi Khusus untuk program BDR ini termasuk transportasi guru ke rumah siswa untuk melakukan pembelajaran" ucapnya di sela kegiatan Apresiasi Guru PAUD di Masa Pandemi, pada Jumat (18/09/2020)

Ia pun menekankan bahwa dana tersebut digunakan untuk memastikan seluruh siswa terlayani pendidikannya. Tak kalah penting, guru membiasakan menerapkan protokol kesehatan. 

"Guru juga harus memperkaya pengetahuannya dengan mempelajari panduan dan modul yang disediakan Kemdikbud. Sehingga pembelajaran yang dilakukannya dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan dan kecakapan hidup di masa BDR ini" ucapnya mengakhiri.




Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget