Strategi SDN Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung Layani Siswa Baru Di Masa Pandemi


Puji Lestari, M.Pd, guru SD Negeri Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung mengunjungi rumah siswa untuk memberikan lembar aktivitas yang sesuai kemampuan siswanya


Tahun pelajaran 2020/2021 diselenggarakan di tengah pandemi. Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung menetapkan moda belajar dari rumah.  Pembelajaran tatap muka pun belum dapat dilaksanakan di sekolah. Berbagai tantangan mengemuka diantaranya bagaimana memberikan layanan pembelajaran khususnya bagi siswa baru kelas 1 di sekolah dasar. 

Sekolah pada umumnya belum mengetahui kemampuan membaca siswa baru karena tidak diperkenankannya melakukan tes saat pendaftaran. Sedangkan kemampuan tersebut menentukan jenis layanan pembelajaran yang diberikan.

Namun demikian, SD Negeri  Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung memiliki strategi untuk mengetahui kemampuan dasar tersebut dengan melakukan pemetaan kemampuan membaca. Pemetaan dilakukan di rumah siswa menggunakan instrumen yang disediakan Dinas Pendidikan. Dalam pelaksanaannya, guru dan siswa menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan Dinas Kesehatan. 

"Dari hasil pemetaan tersebut, kita memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa. Bagi yang lancar membaca diberikan lembar aktivitas level membaca. Yang belum, diberikan lembar aktivitas mengenal huruf" kata Zulfiansyah, M.Pd, Kepala SD Negeri Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung.

Puji Lestari, M.Pd melakukan home visit untuk memberikan layanan pembelajaran kepada siswa yang belajar dari rumah dengan moda daring


Di tempat terpisah, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Irdiansyah, S.Sos., MM mengatakan bahwa lembar aktivitas tersebut disediakan Dinas Pendidikan melalui Tim Pengembang yang dilatih khusus para ahli. Ada dari Pusat Kurikulum Kemdikbud, Forum Masyarakat Literasi Indonesia (Formalindo), hingga INOVASI (Lembaga Pendidikan Kemitraan Indonesia dengan Australia).

"Dari 16 guru SD Tana Tidung yang masuk Tim, ada 4 guru SD Negeri Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung yang terpilih dan berkontribusi aktif dalam menulis lembar aktivitas tersebut" tukasnya.


Penulis: Puji Lestari, M.Pd
Editor: Musakkir

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget