Program Belajar Dari Rumah di Tana Tidung Menyita Perhatian Berbagai Media Nasional

Guru SD Negeri 001 Tana Tidung memetakan kemampuan membaca di rumah siswa


Program belajar dari rumah dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak mewabahnya Covid-19. Program ini tak lepas dari berbagai tantangan. Diantaranya rendahnya partisipasi belajar anak dari rumah. Berbagai faktor menjadi penyebabnya, diantaranya keterbatasan akses guru dengan siswa dan bahan belajar dari rumah.

Namun, Tana Tidung memiliki stategi khusus dalam menjalankan program yang dikenal BDR ini. Setelah mencermati regulasi yang ditetapkan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung melalui Dinas Pendidikan dan OPD lainnya yang tergabung dalam Pos Pendidikan menjalankan kebijakan untuk memastikan pendidikan berkualitas menjangkau seluruh siswa dengan  mengutamakan kesehatan dan kelamatan siswa, guru, dan keluarga.

"Kami menyusun strategi baru meliputi pemetaan ulang moda belajar, perampingan kompetensi dasar (KD) di dalam kurikulum, pembuatan bahan ajar yang bermakna dan kontekstual, pendampingan belajar, program budaya baca, dan monitoring" kata Jafar Sidik, SE Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung.

Reni Sari Bunga, S.Pd, Kepala SD Negeri 002 Tana Tidung menggunakan perahu untuk memberikan layanan pembelajaran kepada siswanya yang tinggal di seberang sungai Sesayap 

Rupanya strategi tersebut menyita perhatian media. Berbagai media nasional mewartakan praktik baik ini dan menjadikan model pelaksanan BDR bagi daerah lainnya. 

"Informasi yang kami terima, belum semua daerah melakukan hal yang kita lakukan. Bahkan komunikasi terakhir dengan Tim Pengembang Bahan Ajar Kemendikbud, mereka masih tahap desain. Alhamdulillah kita sudah menyiapkan lebih awal" tambahnya.

Berbagai media yang memublikasi program BDR Tana Tidung dapat dibaca pada tautan berikut ini


Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget