TK Negeri Terpadu Unggulan Tana Tidung Rayakan Bulan Bahasa Bersama BPK Provinsi Kalimantan Utara


Tana Lia
, bertempat di Aula TK Negeri Terpadu Unggulan Tana Tidung,  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Kalimantan Utara Bersama TKN Terpadu Unggulan Tana Tidung dan TBM OPOS Izza Ilmi merayakan Bulan Bahasa melalui Semarak Gerakan Literasi Sekolah dengan mengimplementasikan program Literasi Kesehatan (LESEHAN), BAKUL (Literasi Pra Membaca dan Menulis), Literasi Rahmatan Lilalamin (LIRA). Sebanyak190 anak dan orang tua menghadiri acara tersebut.

Melalui kegiatan tersebut, diimplementasikan tiga program literasi TKN Terpadu Unggulan Tana Tidung ke dalam karya nyata peserta didik melalui lomba, agar mereka paham isi dari literasi tersebut. Selanjutnya agar peserta didik dapat mengimplementasikan di rumah dan lingkungan sekitarnya. Dimana literasi adalah suatu pengetahuan yang bukan hanya tentang membaca dan menulis, namun mencakup semua aktivitas bermakna yang dilakukan dalam kehidupan, serta bermanfaat untuk peserta didik, pendidik, orang tua, dan masyarakat sekitarnya. 

Hal senada yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kaltara, melakukan dan menghidupkan  literasi melalui Go to School ke TKN Terpadu Unggulan Tana Tidung sebagai upaya memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Nur Inayah, Kepala Sekolah TKN Terpadu Unggulan Tana Tidung mengharapkan dengan terselenggaranya Semarak Gerakan Literasi Sekolah ini anak dapat memiliki sikap percaya diri, mandiri, sabar, dan mampu berkomunikasi dengan baik. Anak dapat menampilkan performance terbaik mereka melalui lomba kampanye Lesehan, yaitu mengajak pemirsa untuk mengkonsumsi makanan sehat bergizi.

Kemudian menyanyikan lagu Mars Tana Tidung agar peserta didik mengenali salah satu identitas daerah tempat domisili yang termasuk dalam kategori Literasi Budaya, terakhir lomba menggambar busak malai, menampilkan budaya kearifan loKal. Kegiatan lomba tersebut dikemas dalam rangkaian Bulan Bahasa, tepatnya dirayakan setiap bulan Oktober.

Semarak Gerakan Literasi Sekolah ini terlaksana atas dukungan Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kalimantan Utara, TBM OPOS Izza Ilmi, orang tua murid, serta dewan guru yang tak kenal Lelah mendampingi anak-anak dalam mengimplementasikan program literasi  sekolah yang disinergikan kedalam proses pembelajaran di kelas, kata Inayah .

Antusias anak-anak sangat tinggi, itu terlihat ketika anak-anak menyimak motivasi belajar dari Kak Deswin, salah satu staff BPK Kaltara yang juga seorang komedian di salah satu stasiun televisi  nasional. Anak-anak tak henti tertawa menyaksikan penampilan Kak Deswin menyampaikan materi secara kocak dan sangat bersahabat. 

Lagi---lagi---lagi, teriak anak-anak sambil bertepuk tangan, dan langsung menyayikan lagu mars Tana Tidung secara spontan. Mars Tana Tidung pun menggema dalam ruang aula, anak-anak sangat ceria dan bahagia ,hal tersebut efek karena salah satu kegiatan diawal pembelajaran pagi adalah wajib menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Tana Tidung.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan melalui Kabid PAUD dan PNF, Siti Khotijah, melalui Gerakan Literasi Sekolah diharapkan guru, orang tua, dan masyarakat memahami apa yang harus dilakukan agar anak memiliki kemampuan literasi. Ia berharap kegiatan ini dilakukan berkelanjutan dan dicontoh PAUD lainnya, khususnya yang ada di wilayah Tana Lia.

Anak-anak sangat bahagia, kami pun ikut senang melihat keseruan anak -anak baik dalam menyimak motivasi belajar maupun  saat diberi kesempatan bersahutan pantun, puisi dan menyanyikan lagu, terkhusus yang juara lomba yang mendapatkan piala, hadiah dan sertifikat, kata Bu Yeni Hamzah, salah satu orang tua peserta didik. (niz)

 





Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget