Bunda PAUD Tana Tidung Lakukan Percepatan PAUD Berkualitas

Vamelia Ibrahim, Bunda PAUD Tana Tidung didampingi Bupati Tana Tidung mengenalkan produk lokal Tana Tidung kepada Direktur Guru PAUD dan Dikmas Kemdikbud Ristek RI didampingi Kepala BPMP Provinsi Kalimantan Utara dan Kepala BGP Provinsi Kalimantan Utara usai memaparkan upaya percepatan akses PAUD Berkualitas dan penurunan stunting, di Hotel Galaxy Tarakan, pada 02/08/2023.


Pemda Tana Tidung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Berjenjang Tingkat Lanjut di Kota Tarakan. Kegiatan kerjasama lembaga penyelenggara diklat APPAUDI Jawa Timur tersebut diikuti  40 guru PAUD yang telah lulus diklat berkenjang tingkat dasar.


Kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Tana Tidung, Direktur Guru PAUD dan Dikmas Kemdikbud Ristek, Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Utara, dan Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Utara. Pada kesempatan tersebut, Bunda PAUD Tana Tidung memaparkan program prioritas untuk melakukan akselerasi akses PAUD Berkulitas di Tana Tidung.


“Mulai dari Program PAUD Pra SD. Saya minta Pak Bupati terbitkan Perbup PAUD Pra SD sebagai pedoman dalam penyelenggaraan PAUD satu tahun pra Sekolah Dasar. Satu PAUD Satu Laptop. Setiap PAUD mendapatkan 1 laptop untuk administrasi sekolah dan pembelajaran" urainya.


Vamelia melanjutkan, ada program Satu Desa Satu PAUD. Semua Desa didorong memiliki PAUD. Lalu program PAUD Inovatif. Semua PAUD harus punya inovasi untuk meningkatkan kualitasnya. Alhasil, tahun lalu guru dan kepala sekolah PAUD Tana Tidung menjadi yang terbaik pada ajang Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif yang diselenggarakan Kemendikbud. 


"Kemudian, Guru Bahagia. Kenapa disebut guru bahagia karena kita naikkan insentifnya dari 450 ribu menjadi 1 juta kalau sarjana. Guru yang lagi kuliah diberikan beasiswa. Kita juga berikan pelatihan di KTT dan diluar daerah. Seperti yang dilaksanakan hari ini” jelasnya pada Rabu 02/08/2023.


Lebih lanjut Vamelia Ibrahim juga mengatakan pemerintah memberikan BOP Daerah susuai akreditasi satuan PAUD dan melakukan ajang Kid's Got Talent sebagai upaya mendukung merdeka belajar di Tana Tidung.


“Ada BOP Daerah yang diberikan sesuai akreditasi yang akreditasi A mencapai 1 juta per siswa. Di Tana Tidung juga kami melakukan ajang Tana Tidung Kids Got Talent. Ini sebagai bentuk merdeka belajar di Tana Tidung. Anak diberikan kesempatan yang sama untuk menunjukkan kreativitas apapun jenisnya” tambah Vamelia.


Dengan adanya program prioritas yang dilaksanakan, Vamelia mengungkap keberhasilan yang telah dicapai. “Anak usia 5-6 tahun di PAUD sekarang sudah 79,5%. KTT tertinggi di Kaltara. Guru PAUD Formal yang S1 kita juga meningkat. Sekarang sudah 68%. Tahun ini bukan hanya ada beasiswa S1 tetapi S2. Selanjutnya akreditasi PAUD sekarang sudah 55%” sambungnya.


Di tahun 2023, Vamelia meluncurkan inovasi baru yaitu Busak PAUD yang dalam bahasa Tidung berarti bunga PAUD. Busak merupakan akronim dari tumbuh sehat, aktif, dan kreatif. Melalui busak PAUD, diharapkan terbangun sinergitas lintas sektor dalam pemenuhan kebutuhan esensial anak.


Melalui Busak PAUD, Vamelia dapat memonitoring secara reguler pertumbuhan dan perkembangan anak. Guru bekerjasama tenaga kesehatan melakukan pengukuran dan penginputan data pada aplikasi. Aplikasi mengolah data dan menyajikan berupa  grafik serta interpretasinya sehingga diketahui anak yang mengalami hambatan pertumbuhan. 


"Anak yang mengalami hambatan pertumbuhan ini diberikan intervensi yang sesuai oleh berbagai pihak seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Baznas, dan lainnya. Orang tua pun dapat mengetahui pertumbuhan anaknya dan intervensi yang telah diberikan. Kita berharap, angka stunting di Tana Tidung menurun" pungkasnya.


.








Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget