Vamelia Ibrahim Ajak Pemerintah Desa Tingkatkan Capaian Akses PAUD Berkualitas

Bunda PAUD Tana Tidung, Vamelia Ibrahim mengajak Pemerintah Desa meningkatkan capaian akses PAUD Berkualitas di desanya. Hal tersebut dikemukakan Vamelia pada Rapat Koordinasi Bunda PAUD dan dan Pemerintah Desa se-Kabupaten Tana Tidung, pada 25/07/2023.

Rapat yang berlangsung di Gedung Pendopo Djafaruddin ini dihadiri oleh Bupati dan Bunda PAUD Tana Tidung, Camat, Kepala Desa, Bunda PAUD Kecamatan, dan Bunda PAUD Desa. Turut hadir sebagai narasumber, Sisilia Mariyati. Praktisi PAUD ini turut mengembangkan berbagai program di Direktorat PAUD Kemdikbudristek Dikti.

Pada kesempatan tersebut, Bunda PAUD Tana Tidung memaparkan berbagai upaya telah dilakukan bersama pemerintah daerah Kabupaten Tana Tidung untuk percepatan akses PAUD Berkualitas.

“Berbagai program dilaksanakan diantaranya Program Penuntasan PAUD Pra SD melalui Peraturan Bupati Tana Tidung Nomor 16 Tahun 2021, Satu PAUD Satu Laptop, Satu Desa Satu PAUD, Peningkatan Kesejahteraan, Pendidikan, dan Kompetensi Guru, PAUD Inovatif, Tana Tidung Kids Got Talent, dan BOP PAUD Daerah” urainya.

Vamelia, mengatakan berbagai upaya yang dilakukan memberikan dampak dan hasil yang baik. Seperti peningkatan kualitas satuan PAUD yang dapat dilihat dari meningkatnya satuan PAUD yang mendapatkan nilai akreditasi minimal B. 

“Berbagai upaya yang dilakukan tersebut menunjukkan adanya peningkatan akses dan kualitas PAUD. Pada tahun 2020, Angka Partisipasi Kasar PAUD di Tana Tidung hanya 54,48% . Di tahun 2021, Angka Partispasi Sekolah anak usia 5-6 tahun mencapai 59% dan meningkat menjadi 79,5% pada tahun 2022 . Walau capaian tersebut merupakan yang tertinggi di Kalimantan Utara, namun terdapat 20,5% anak usia 5-6 tahun yang belum terlayani”. Jelasnya.

Lebih lanjut Vamelia, mengatakan peran Pemerintah Desa sangat di perlukan untuk peningkatan PAUD berkualitas di masing-masing Desa yang tentunya bekerjasama dengan Bunda PAUD Desa. 

“Untuk mempercepat peningkatan inilah, kita hadir di sini. Kita menyusun apa yang bisa dilakukan Kepala Desa dan Bunda PAUD Desa untuk meningkatkan capaian di tingkat desanya. Dibutuhkan upaya untuk mengakselerasi akses PAUD Berkualitas di Tana Tidung melalui optimalisasi peran pemerintah desa dan Bunda PAUD Desa dalam penyelenggaraan PAUD" ujarnya mengakhiri. 










Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget