Kemah Bersama Tumbuhkan Motivasi Belajar dan Kreativitas Sejak Dini


Bunda PAUD Tana Tidung, Vamelia Ibrahim mendorong agar pendidikan anak usia dini menumbuhkan motivasi belajar dan kreativitas anak. Menurutnya, kedua kemampuan tersebut dibutuhkan untuk berkolaborasi dan berkompetisi di masa mendatang. Hal tersebut dikemukakan Vamelia pada kegiatan Kemah Bersama yang digelar PKG Inspiratif Kecamatan Sesayap, pada Kamis, 16 Februari 2023.

Vamelia mengutip pesan Ki Hajar Dewantara bahwa guru jangan hanya memberi pengetahuan yang perlu dan baik saja, tetapi harus juga mendidik si murid akan dapat mencari sendiri pengetahuan itu dan memakainya guna amal keperluan umum. Pengetahuan yang baik dan perlu itu yang manfaat untuk keperluan lahir batin dalam hidup Bersama.
 
"Tumbuhkan motivasi anak untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. Secara lahiriah, anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.  Anak senang bertanya dan mencoba hal-hal baru. Oleh karenanya, sebagai guru dan orang tua perlu memberikan ruang kepada anak untuk mecoba hal-hal baru yang sesuai usianya. Bukan menjejalinya dengan setumpuk pengetahuan" jelasnya.
 
Vamelia menambahkan, Kemah Bersama ini menjadi salah satu praktik baik untuk menumbuhkan motivasi belajar anak. Kegiatan ini memfasilitasi anak untuk belajar bermain bersama. Dengan berbagai permainan yang telah disiapkan oleh guru, diharapkan akan menumbuhkan karakter beriman dan bertakwa, mandiri, bernalar kritis, bekhebinnekaan global, gotong royong, dan kreatif. Dengan pembelajaran yang menyenangkan seperti ini, anak akan termotivasi untuk terus belajar.

Selain itu, kreativitas menjadi kompetensi untuk berkolaborasi dan berkopetisi. Beberapa organisasi dan corporation bahkan mengutamakan kreativitas dari tingkat pendidikan seseorang. Oleh karena itu, perlunya kreatifitas dalam diri anak sejak dini ditumbuhkan

"Seperti pada projek  pelajar Pancasila dengan tema Cinta Bumi ini, anak dilatih mencari solusi kreatif yang bisa dilakukan anak untuk mengurangi sampah yang menjadi masalah global saat ini. Kedua hal tersebut perlu ditumbuhkan sejak dini. Pepatah mengatakan bahwa belajar di usia ini bagaikan mengukir di atas batu. Sedangkan belajar di masa tua bagai menulis di atas pasir" ujarnya mengakhiri.


Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget