Peringati Hari Anak Nasional Di Desa Terpencil, Bunda PAUD Ajak Penuhi Kebutuhan Esensial Anak


Bunda PAUD Tana Tidung, Vamelia Ibrahim bersama Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2022 di Desa Tengku Dacing, pada Minggu (31/07/2022). Desa tersebut merupakan desa terpencil di Kabupaten Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara. Untuk menuju desa yang berada di kecamatan Tana Lia ini harus menggunakan speadboat menyusuri sungai sejauh 3 jam dari ibu kota Kabupaten.

Vamelia mengatakan bahwa ia memilih merayakan Hari Anak Nasional di desa tersebut sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan kepada seluruh anak termasuk di desa terjauh. Kunjungan tersebut juga untuk menjamin pemenuhan kebutuhan esensial anak dalam tumbuh kembangnya. Menurutnya pemenuhan kebutuhan esensial tersebut membutuhkan dukungan berbagai pihak.

"Saya mengajak Bapak Bupati merayakan di sini sebagai bentuk penghormatan dan kepedulian kepada anak sebagai generasi penerus bangsa. Melalui kesempatan ini, saya mengajak kepada kita semua untuk memenuhi hak anak yaitu kesehatan, pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan" kata Vamelia.

Dijelaskannya bahwa layanan kesehatan bukan hanya disediakan oleh tenaga kesehatan, tetapi juga orang tua di rumah. Seperti menyediakan makanan bergizi seimbang, bernutrisi, serta lingkungan yang bersih dan sehat.

Begitu juga dengan dengan layanan pendidikan. Tidak hanya menjadi tugas guru di sekolah tetapi juga perlu dukungan orang tua dengan mendampingi anak belajar di rumah. Mendidik anak memang bukan hal mudah. Namun ia berharap agar orang tua sabar dalam mendidik dan melindungi anak dari kekerasan verbal dan fisik. 

Berbagai program juga telah dilaksanakan Bunda PAUD demi terwujudnya PAUD Berkualitas. Mulai dari Satu PAUD Satu Laptop, Satu Desa Satu PAUD, Wajib PAUD 1 Tahun Pra SD, hingga Peningkatan Kesejahteraan Guru PAUD.

"Saya juga akan memprogramkan agar alat permainan edukatif (APE) di PAUD lebih baik lagi. Karena anak usia dini belajar dengan cara bermain. Saya melakukan kunjungan ke satuan PAUD untuk mengetahui kondisi APEnya. Sehingga bantuan yang diberikan sesuai kebutuhannya" kata Vamelia 

Peringatan Hari Anak Nasional dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti membacakan buku, pemberian tambahan makanan sehat, dan berbagai lomba seperti mewarnai, menggambar, baca puisi, dan cipta pantun.












Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget