Bunda PAUD Resmikan PAUD Pelita Di Perbatasan Malinau, Harap PAUD Bersinergi Dengan TBM


Bunda PAUD Tana Tidung yang juga Ketua TP PKK, Vamelia Ibrahim, bersama Wakil Wakil Ketua TP PKK, Diana Hendrik, meresmikan PAUD Pelita, di Desa Belayan Ari, Kecamatan Muruk Rian, pada Senin (29/08/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Irdiansyah, Camat Muruk Rian, Kepala Desa Belayan Ari, Bunda PAUD Desa Belayan Ari, Kepala PAUD Pelita, dan tamu undangan.

Bunda PAUD menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Desa Belayan Ari yang telah mensukseskan program prioritas Bunda PAUD, yaitu Satu Desa Satu PAUD.

Program tersebut dijalankan agar setiap anak mengikuti PAUD sebelum SD. Hal ini dilakukan agar perkembangan dan pertumbuhan anak lebih optimal.

Studi Kemdikbud Ristek tahun 2021 menunjukkan bahwa anak yang tidak mengikuti PAUD mengalami ketertinggalan di kelas 1 SD. Mengingat pentingnya PAUD, Wajib PAUD 1 Tahun Pra SD turut menjadi program prioritas Bunda PAUD Tana Tidung.

Pada kesempatan tersebut Bunda PAUD juga menyerahkan laptop program Satu PAUD Satu Laptop yang digagasnya. Bunda PAUD berharap agar laptop tersebut tidak hanya digunakan untuk pendataan Dapodik. Tetapi juga digunakan dalam pembelajaran.

"Guru bisa mengunduh bahan ajar seperti video dan menayangkannya ke peserta didik" kata Vamelia.

Bunda PAUD juga menegaskan agar pengelolaan PAUD dilakukan secara profesional dan bersinergi dengan Taman Baca Masyarakat (TBM). Sinergi keduanya diharapkan dapat menghadirkan pembelajaran literasi yang menyenangkan.

Menurutnya, anak perlu dibekali kemampuan literasi sejak dini. Mengajarkan literasi di PAUD  dilakukan dengan cara yang menyenangkan, bukan dipaksakan. 

"Literasi dilakukan dengan membacakan buku cerita. Anak yang terbiasa dibacakan buku akan menyimak dan mampu menceritakan isi cerita. Kosa kata dan bahasa anak meningkat. Anak akan memiliki pemahaman terhadap bacaan dan mencintai buku" kata Vamelia.

Ia pun berharap Bunda PAUD Desa dan Bunda PAUD Kecamatan berperan aktif dalam meningkatkan kualitas PAUD binaannya. Mulai dari meningkatkan anak mengikuti PAUD, kualifikasi dan kompetensi guru PAUD, ketersediaan alat permainan edukatif yang cukup dan memadai, dan menyelenggarakan PAUD Holistik Integratif dengan bekerjasama berbagai pihak.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Belayan Ari mengucapkan terima kasih atas diresmikannya PAUD binaannya. Dirintis sejak tahun 2017, namun baru tahun ini berdiri secara resmi.

"Sekarang PAUD Pelita sudah telah terdaftar di Pemerintah Pusat. Terima kasih kami ucapkan kepada Bunda PAUD" tambahnya.

Tulisan ini seiring publikasi media:







Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget