Disdikbud Dorong PAUD Berkualitas Melalui Bimtek PAUD Inovatif


Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tana Tidung (Disdikbud KTT) mengadakan  Bimbingan Teknis (BIMTEK) PAUD  Inovatif yang bertempat di ruang rapat  Dinas Pendidikan. 

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari, 22-25 Juni 2022, diikuti oleh Kepala PAUD dan guru dari seluruh satuan PAUD yang ada di KTT.

"Bimtek ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas satuan PAUD. Kualitas PAUD bisa dilihat dari akreditasinya. Dari 38 PAUD tahun lalu, yang akreditasi A baru 1 PAUD, akreditasi B ada 15 PAUD, dan 22 PAUD masih akreditasi C. Yang akreditasinya C kita harapkan kualitasnya meningkat dan akreditasinya minimal B" kata Kepala Dinas, Jafar Siddik.

Jafar melanjutkan bahwa semua PAUD berpeluang memperoleh nilai akreditasi A. Ada 8 standar yang harus dipenuhi.  Tidak hanya, sarana dan prasarana yang memadai, tetapi didukung juga administrasi dan proses pembelajaran yang baik. Untuk memenuhi standar tersebut, dibutuhkan inovasi Kepala PAUD dan guru.

Salah satu dukungan Disdikbud adalah dengan menghadirkan narasumber yang berkualitas dibidangnya. BIMTEK PAUD  Inovatif kali ini menyajikan materi yang  beragam dan saling terkait. 

Diawali dengan praktek baik penulisan pada media massa, desain grafis, dan editing video. Dilanjutkan dengan learner's outcomes, asesment, dan strategi pembelajaran. Peserta juga dikenalkan tentang implementasi Kurikulum Merdeka dan BOP PAUD. 

Hari pertama dibuka dengan materi yang menarik tentang penulisan praktek baik pada media massa dan desain grafis. Narasumbernya langsung dari wartawan Tribun Kaltara dan Diskominfo KTT. Setelah penyampaian materi, para peserta praktek membuat artikel dan desain grafis. Dari produk peserta diketahui pemahaman materi yang disampaikan.

Kasi GTK PAUD, Musakir mengatakan bahwa satuan PAUD perlu memublikasikan program-program unggulannya untuk menarik minat masyarakat memasukkan anaknya ke PAUD.

Hal ini selaras dengan yang disampaikan Bunda PAUD  Kabupaten Tana Tidung, Vamelia Ibrahim. Satuan PAUD diharapkan menggunggah kegiatannya di media sosial dan media massa. Publikasi tersebut membantu masyarakat mengetahui pentingnya PAUD sebelum masuk Sekolah Dasar.

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan. Nur Inayah, Kepala TK Negeri Terpadu Unggulan Tana Tidng mengaku mendapatkan ilmu baru, terutama tentang desain grafis dan editing video.

"Selama ini saya selalu meminta bantuan pada orang lain untuk mengerjakannya. Sekarang saya sudah bisa mengerjakan sendiri. Saya bersemangat berinovasi dan memublikasinya secara kreatif" tutur Inayah.

Penulis: Tri Lestari Rakhmawati

Editor: Admin

Tulisan ini seiring publikasi pada media www.armadaberita.com


Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget