Bunda PAUD Tana Tidung Dorong PAUD Kreatif


Bunda PAUD Tana Tidung, Vamelia Ibrahim mendorong agar pengelolaan PAUD kreatif. Seperti yang Ia amati pada TK Negeri Pembina yang dinilainya aktif dan kreatif menjalankan berbagai program. Mulai dari program pembelajaran, Unit Kesehatan Sekolah (UKS), hingga Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI).

Salah satu metode pembelajaran yang digunakan TK yang diselenggarakan Pemerintah Daerah ini ialah field trip. Anak tidak hanya selalu belajar dan bermain di lingkungan sekolah. Secara berkala, anak berkunjung ke berbagai tempat. Seperti simulasi penanganan bencana di BPBD. Mendengarkan dongeng di Perpustakaan Daerah dan berbagai tempat menarik lainnya. Vamelia mengatakan bahwa belajar dengan cara demikian menarik bagi anak dan lebih bermakna.

TK Negeri Pembina juga menjadi PAUD percontohan dalam pengembangan program UKS. TK yang beralamat di Desa Sebidai tersebut terpilih mengikuti studi ke Jawa Timur bersama sekolah percontohan lainnya se-Kalimantan Utara. Studi ini bertujuan untuk menggali praktik baik pelaksanaan program penumbuhan budaya hidup bersih dan sehat. TK Negeri Pembina pun diharapkan mampu mencapai predikat paripurna.

Selain itu, TK yang beralamat di Desa Sebidai ini juga menjadi pilot project pelaksanaan program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI). Berbagai pihak terlibat dalam pemenuhan kebutuhan esensial anak yaitu kesehatan dan gizi, pendidikan, pengasuhan, kesejahteraan, dan perlindungan dilaksanakan di satuan PAUD secara simultan, sistematis, dan terpadu.

"Saya lihat guru-gurunya aktif. Orang tua juga aktif. Terjadi kolaborasi yang baik antara guru dan orang tua dalam mendidik anak. Karena sejatinya orang tua adalah guru di rumah sedangkan guru adalah orang tua di sekolah" kata Bunda PAUD saat menghadiri kegiatan parenting dengan kegiatan lomba masak makanan sehat untuk anak disertai sosialisasi pencegahan stunting di TK Negeri Pembina, pada Sabtu (28 Mei 2022).

Untuk membuat PAUD kreatif, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Jafar Siddik mengungkapkan bahwa ia telah menyiapkan program PAUD Inovatif. Program tersebut untuk mendorong PAUD berinovasi dalam meningkatkan akses dan kualitas PAUD.  Jafar mengatakan bahwa semua Kepala PAUD akan diberikan bimbingan teknis agar mampu berinovasi sesuai dengan tantangan yang dihadapi masing-masing PAUD.

"Inovasi ialah upaya percepatan mencapai kondisi ideal. Seperti meningkatnya anak mengikuti PAUD, anak tumbuh dan berkembang optimal, nilai akreditasinya meningkat, dan banyak lainnya. Upaya yang dilakukan untuk mencapai kondisi ideal tersebut dinilai dan yang terbaik ditetapkan menjadi PAUD Inovatif" pungkas Jafar.

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget