Direktur Program INOVASI: Ibrahim Ali Visioner


Tasmania, Australia - Direktur Program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) Mark Heyward, Ph.D menyebut Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali sebagai pemimpin visioner. Mark mengatakan Bupati Ibrahim Ali mampu melihat dengan jernih tantangan pendidikan di masa pandemi dan meresponsnya dengan efektif dan efisien. Di bawah kepemimpinan Bupati Ibrahim Ali, guru-guru di Tana Tidung dilatih dan didampingi secara spesifik agar mampu memulihkan pembelajaran. Pujian ini disampaikan Mark melalui video  yang dibuat di Australia, dalam rangka Hari Guru Nasional (HGN) 2021 yang dirayakan di Tana Tidung, Kalimantan Utara, Rabu (01/12).

Lebih lanjut Mark mengatakan, Tana Tidung melakukan upaya pelatihan dan pendampingan kepada guru agar mereka mampu melakukan pemulihan pembelajaran. Guru-guru dilatih memahami kurikulum darurat, melakukan assessment diagnostik secara kognitif dan non kognitif, mendesain pembelajaran terdiferensiasi, menyediakan buku-buku cerita anak, menggunakan website untuk mendistribusikan lembar aktivitas siswa, dan melakukan pendampingan kepada siswa yang mengalami ketertinggalan. Kegiatan."Kegiatan ini dilakukan melalui  Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP),"  katanya.

Dengan tegas Mark mengatakan, kebijakan inovatif Bupati Ibrahim Ali merupakan merupakan bentuk konkret dari tema Hari Guru Nasional 2021 yang mengambil tema: ‘Bergerak Dengan Hati, Pulihkan Pendidikan’. Tana Tidung telah bergerak lebih cepat untuk memulihkan pendidikan di masa pandemi.

Prestasi Tana Tidung ini juga dapat dilihat dari hasil studi yang dilakukan Pusat Penelitian Kebijakan (Puslitjak) Kemdikbudristek bersama Program INOVASI. Dari tujuh rekomendasi utama yang diusulkan untuk memulihkan kemampuan belajar, sebagian besar merujuk kepada pengalaman Kabupaten Tana Tidung. "Kami berharap prestasi ini bisa terus dipertahankan," pintanya.

Pengalaman dari Kabupaten Tana Tidung adalah merupakan sebuah contoh yang baik, yang dapat dipelajari oleh daerah-daerah lainnya. Membentuk sebuah sistem pengembangan kompetensi guru yang baik menjadi kunci bagi sebuah daerah untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu. Walau menghadapi tantangan geografis dan hambatan infrastruktur, Tana Tidung tetap dapat menemukan cara-cara yang inovatif untuk mengelola pendidikannya di masa pandemi ini. "Selamat kepada Bupati Tana Tidung, dan selamat untuk seluruh guru di Tana Tidung," pungkas Mark.

Program INOVASI merupakan kemitraan pendidikan antara Pemerintah Indonesia dan Australia. Program ini didesain untuk meningkatkan mutu pembelajaran, terutama pada bidang literasi, numerasi, dan inklusi.

###

Video lengkap sambutan Mark Heyward, Ph.D Direktur Program INOVASI dapat dilihat di sini:




Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget