Tingkatkan SDM Tana Tidung, Vamelia Ibrahim Dorong Anak Rajin Membaca


Seiring pandemi Covid-19, tingkat keterampilan membaca anak-anak diprediksi akan terus memburuk dari kondisi sebelumnya. Makanya anak-anak harus diberi motivasi untuk lebih sering membaca.

Ahli Monitoring, Evaluation, Research, and Learning (MERL) Program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI), Priscillia Clara Suatan mengatakan, sejatinya butuh kolaborasi untuk meningkatkan keterampilan membaca anak-anak. Termasuk sinergi antara guru sekolah, taman bacaan, juga orangtua.

"Hasil pengukuran menunjukkan kombinasi pelatihan guru, budaya baca, dan pelayanan anak lamban membaca terbukti mampu mempercepat peningkatan kemampuan membaca siswa," ujarnya, Kamis, (26/8/2021).

Priscillia mengatakan, pada tahun 2017 pihaknya menemukan hanya 40 persen anak-anak lamban membaca yang berhasil lulus test literasi dasar. Test ini meliputi test pengenalan huruf, suku kata, dan kata. Namun angka itu meningkat di tahun 2019. Jumlah anak yang lulus test literasi dasar bertambah menjadi 79 persen.

“Jika tidak ada upaya serius untuk membantu anak-anak ini terampil membaca dari sekarang, maka kita harus membayar ongkos sosial yang besar di masa depan,” ujar Vamelia Ibrahim, Ketua Tim PKK Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara.

Baca selengkapnya di lifestyle.okezone.com

Labels:

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget