KTT Bagikan Inovasi Pendidikan Ke NTT


Memahami tantangan dan meracik strategi pengelolaannya merupakan kunci utama dalam berinovasi. Seperti halnya penyelenggaraan pendidikan di masa pandemi di Tana Tidung yang memiliki berbagai tantangan. Diantaranya keterbatasan infrastuktur, persebaran penduduk pada tipologi wilayah yang beragam, hingga belum adanya pengalaman menjalankan program belajar dari rumah.

Beranjak dari hal tersebut, Kabupaten Tana Tidung menyusun lima strategi yaitu penggunaan bahan ajar yang bermakna dan kontekstual, pendampingan belajar, budaya baca, monitoring dan evaluasi, serta pembukaan pembelajaran tatap muka secara bertahap. 

"Hasilnya terjadi penurunan siswa tidak aktif belajar yang di awal mencapai 12%, kini hanya 2%. Di sisi lain, terjadi peningkatan kemampuan literasi siswa yang ditandai dengan meningkatkanya persentase siswa yang memiliki kemampuan membaca pada siswa kelas 1 SD" papar Kepala Seksi Guru dan Tenaga Kependidikan, Diana, M.Pd dalam Lokakarya Manajemen Publikasi Pembangunan Pendidikan di NTT yang diselenggarakan INOVASI NTT, pada Senin (9/10/2021).

Diana melanjutkan bahwa apresiasi diberikan LPMP Kalimantan Utara kepada Pemerintah Daerah. Lembaga dibawah naungan Kemendikbud Ristek tersebut memberikan penghargaan atas kesungguhan dan kepatuhan menjalankan SKB 4 Menteri tentang Pembelajaran di Masa Pandemi. 

Pengelolaan pendidikan tersebut yang dinilai sebagai praktik baik oleh berbagai pihak, dipublikasikan pada laman www.gurutanatidung.id. Web yang dibangun sejak satu tahun belakangan ini juga berfungsi sebagai media distribusi bahan ajar, dokumentasi praktik baik dan kebijakan, serta sebagai wadah apresiasi atas kreatifitas guru.

Musakkir menambahkan bahwa web tersebut juga digunakan sebagai sarana monitoring dan evaluasi dengan menyediakan berbagai instrumen pelaporan yang ditujukan kepada kepala sekolah, guru, dan masyarakat untuk memotret perkembangan pendidikan di bumi Upuntaka.

Dalam setahun telah memuat 221 postingan dengan jumlah pengunjung lebih dari 115.000. Dalam sebulan mencapai 8.000 kunjungan (visitor). Bahkan salah satu postingan bahan ajar dikunjungi lebih dari 3.500 kali.




Labels:

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget