Inovasi BAIS Ikuti Kompetisi Tingkat Nasional


Salah satu inovasi Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ialah Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Literasi (BAISS).

Bupati, Ibrahim Ali mengemukan bahwa inovasi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan literasi membaca yang menjadi modal utama untuk belajar. 

"Hanya dengan mampu membaca, siswa dapat mempelajari semua mata pelajaran" sambungnya.

Ia melanjutkan bahwa dengan menyadari pentingya keterampilan literasi,  pihaknya membangun kemampuan membaca sejak dini dengan mengembangkan lembar aktivitas siswa berbasis literasi atau BAISS. Bahan ajar ini dikembangkan oleh guru Tana Tidung yang telah dilatih oleh INOVASI dan berbagai pihak. 

"Bahkan di tengah pandemi, Tana Tidung dengan segala keterbatasan infrastruktur dan kondisi geografis yang beragam, kami dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD menggunakan lembar aktivitas siswa disertai pendampingan belajar, program budaya baca, monitoring dan evaluasi serta pembukaan sekolah secara bertahap" ujarnya

Kepala Dinas Pendidikan, Jafar Sidik mengemukakan bahwa di masa pandemi pun inovasi ini terbukti efektif meningkatkan kemampuan membaca, bahkan bagi siswa kelas 1 SD.

"Pada awal tahun pelajaran, 68% siswa kelas 1 SD belum bisa membaca. Angka ini menurun menjadi 47% di akhir tahun pelajaran. Sedangkan yang lancar membaca dari 28% di awal tahun pelajaran meningkat menjadi 49% di akhir tahun pelajaran. Bahkan 18% diantaranya sudah mampu memahami isi bacaan" ungkap Jafar.

Manfaat inovasi ini juga diungkapkan oleh salah satu orang tua siswa kelas 1 SD Negeri Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung. Menurutnya lembar aktivitas siswa tersebut menjadi panduan bagi anaknya untuk belajar. Ia merasa anaknya sangat terbantu saat belajar dari rumah sehingga tidak ketinggalan pelajaran.

Inovasi tersebut kini sedang melalui proses penilaian pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget