MPLS dan MPLA SMP Negeri Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung Mendapat Apresiasi Kepala Dinas Pendidikan


Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, kegiatan diawali dengan pengenalan lingkungan sekolah. Sebaigamana dikemukakan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2016 tentang pelaksanaan MPLS, kegiatan ini harus dilaksanakan di sekolah. 

Namun karena awal pelajaran kali ini di masa pandemi COVID-19, MPLS di sekolah ditiadakan. Kegiatan MPLS secara tatap muka di sekolah belum dapat dilakukan sebagaimana dijelaskan dalam Surat Edaran Bupati Tana Tidung Nomor 420/204/Disdik.I.I/VII/2020 tentang Penyelenggaran Pembelajaran Tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

Walau demikian, SMP Negeri Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung berinovasi dengan melaksanakan pengenalan lingkungan sekolah dan asrama atau dikenal MPLS dan MPLA dengan berbagai moda. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 13 - 15 Juli 2020 ini  mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan, Jafar Sidik, SE.

"Inovasi menjadi budaya sekolah ini dan menjadi ciri keunggulannya. Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada peserta didik baru tentang cara belajar dari rumah secara efektif dan pencegahan Covid-19" harap Jafar Sidik dalam sambutannya kala membuka kegiatan ini secara virtual.

Kepala Sekolah, Sabir Taqwa, S.Pd menjelaskan bahwa tiga moda yang digunakan untuk memberikan materi kegiatan yaitu daring tatap muka atau virtual melalui google meet, daring tanpa tatap muka melaui saluran Youtube dan luring bagi siswa tanpa jaringan melalui diktat yang diantarkan langsung ke rumah peserta didik. 

"Ragam moda ini kami lakukan agar dapat menjangkau seluruh peserta didik. Untuk mengetahui pemahaman peserta didik baru terhadap materi yang diberikan, kami menyediakan lembar kerja dan penilaiannya. Baik menggunakan form online maupun cetak" tambahnya.

Kegiatan MPLS/MPLA ini ditutup oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Bapak Irdiansyah, S.Sos, MM.  Irdiansyah melakukan penggantian atribut siswa yang diwakili oleh Ananda Andhika dan Helga Belani Paramesti dengan tetap melakukan protokol kesehatan.

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget