Belajar Dari Rumah, Disdik Minta Kuatkan Literasi

Ronalindayani, M.Pd mengantarkan bahan belajar dari rumah berupa lembar aktivitas dan buku cerita bergambar.


Tideng Pale. Belajar dari rumah menjadi pilihan Pemerintah Kabupaten Tana Tidung dalam penyelenggaraan pembelajaran tahun pelajaran 2020/2021 di tengah pandemi Covid-19. Faktor kesehatan dan keselamatan siswa, guru, dan keluarga menjadi pertimbangan dalam menetapkan kebijakan tersebut. 

Dalam pelaksanaannya, Dinas Pendidikan menginstruksikan agar literasi dapat ditumbuhkan dalam proses belajar dari rumah. Kepala Dinas Pendidikan, Jafar Sidik, SE mengatakan untuk meningkatkan literasi siswa, Dinas pendidikan menyiapkan bahan belajar dari rumah yang kontekstual dan bermakna.

"Siswa belajar dari rumah menggunakan lembar aktivitas yang ditulis oleh Tim Pengembang Dinas Pendidikan. Lembar aktivitas tersebut mengintegrasikan literasi dan topik lainnya seperti numerasi, penanganan dan pencegahan Covid-19, reksreasional, spritual keagamaan, penguatan karakter dan budaya. Selain itu, kami juga meminta agar siswa diberikan buku bacaan yang menarik seperti buku cerita bergambar" lanjut Jafar.

Bahan bacaan tersebut dapat diambil di sekolah atau diantarkan guru ke rumah siswa. Seperti yang dilakukam Ronalindayani, M.Pd, guru SD Negeri 013 Tana Tidung mengatakan bahwa ia mengantarkan lembar aktivitas dan buku bacaan tersebut ke rumah siswanya.

"Dengan kunjungan ini, kami juga menjalin berkomunikasi dengan orang tua siswa dan memotivasi siswa belajar dari rumah. Selain itu, kami juga memberikan umpan balik terhadap pekerjaan siswa sebelumnya" terang guru yang juga Tim Pengembang Disdik tersebut.

Literasi merupakan salah satu program yang menjadi fokus Dinas Pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan. Dari hasil pengukuran literasi dasar, diketahui bahwa kemampuan membaca siswa SD di Tana Tidung pada kategori baik. Namun, perlu peningkatan dalam kemampuan memahami isi bacaan.

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget