Sosialisasikan Transisi PAUD-SD, Bunda PAUD Tana Tidung Targetkan Tiga Perubahan


Bunda PAUD Tana Tidung, Vamelia Ibrahim melakukan sosialisasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, pada Jumat (23/06/2023). 

Kegiatan yang dihelat di Gedung Serba Guna Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini diikuti oleh Kepala Sekolah jenjang PAUD dan SD beserta guru kelas rendah se-Kabupaten Tana Tidung.

Vamelia mengemukakan ada tiga target perubahan yang diharapkan diterapkan pada tahun ajaran baru ini. Yang pertama, tidak ada tes calistung masuk SD. Kedua, pada dua minggu pertama di PAUD dan di SD digunakan untuk pengenalan lingkungan sekolah. 

"Hari ini kita menyusun berbagai kegiatan di dua minggu pertama yang menyenangkan anak. Dipandu oleh narasumber yang telah dilatih tentang Transisi PAUD-SD oleh Kemdikbud Ristek" jelas Vamelia.

Ketiga, pembelajaran di PAUD dan di SD membangun enam kemampuan fondasi. Terdiri dari mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi, dan kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar

Selanjutnya, kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar seperti literasi dan numerasi, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri, dan pemaknaan terhadap belajar yang positif.

Vamelia mengakui masih kerap kali menemukan miskonsepsi praktik pembelajaran di PAUD dan di SD. Seperti anak masuk SD harus bisa calistung. 

Akibatnya keberhasilan belajar di PAUD hanya berfokus pada calistung. Kemampuan calistung dipahami dengan sempit dan dianggap dapat dibangun dengan instan.

"Ada juga yang keliru memahami bahwa di PAUD tidak boleh calistung. Hanya bermain saja tanpa ada target capaian. Saya luruskan. Bahwa boleh anak belajar calistung tetapi dengan cara yang menyenangkan" jelasnya.

Untuk mengakhiri miskonsepsi tersebut, Ia menegaskan agar transisi PAUD ke SD perlu selaras. Kemampuan fondasi dibagun secara holistik. Selain itu, kemampuan literasi dan numerasi dibangun secara bertahap dengan cara menyenangkan. 

"Selaku Ketua Forum Komunikasi Transisi PAUD-SD, saya bersama tim akan melakukan monitoring implementasi kebijakan ini. Saya ingin memastikan target perubahan ini telah diterapkan di Tana Tidung" ujar Vamelia.





















Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget