Oleh Erti
Triana, S.Pd, Guru Bahasa Inggris SMP N 6 Tana Tidung, Kabupaten Tana Tidung,
Kalimantan Utara
Bagaimana cara mengajarkan text procedure agar
efektif dan menyenangkan? Siswa saya ajak menyeduh kopi secara digital.
Pembelajaran bahasa Inggris kerap membosankan karena guru hanya
berceramah. Sulit bagi siswa belajar bahasa Inggris jika tidak
dirangsang dengan tepat. Pemilihan metode dan alat peraga yang tepat menjadi
kunci agar pembelajaran bahasa asing disukai anak didik.
Hal seperti itulah yang saya temukan di SMP Negeri 6
Tana Tidung,
Kabupaten Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara. Masih banyak
anak didik yang kesulitan mempelajari text procedure karena diajarkan
dengan metode berceramah. Text procedure adalah teks yang isinya
menggambarkan bagaimana sesuatu dapat dibuat atau digunakan melalui serangkaian
langkah-langkah. Dalam bahasa inggris lebih dikenal dengan how to make something.
Bentuk dari text procedure bisa menjelaskan tentang bagaimana cara melakukan
aktivitas tertentu, cara menggunakan alat – alat, dan sesuatu melalui langkah –
langkah yang berurutan.
Siswa sering mengalami kesulitan memahami text
procedure karena cara penyajian yang kurang kreatif dan monoton. Tidak
adanya contoh nyata akan gambaran praktek dalam proses pembelajaran text
procedure, membuat siswa sulit untuk memahami pada proses awal.
Selain itu bahasa inggris bukan bahasa sehari – hari siswa, sehingga
kekurangan kosa kata membuat siswa sering kesulitan kalimat yang tepat.
Mengatasi masalah ini, saya mengunakan video how
to make coffee sebagai media belajar. Video berdurasi 1 menit 33 detik ini
saya unduh dari youtube. Video ini mengambarkan tahapan untuk menyeduh kopi.
Seorang siswi yang menjadi model di dalam video ini, memperagakan cara membuat
kopi. Proses menyeduh kopi ini dilengkapi dengan teks penjelasan tahapan untuk
membuat kopi. Video yang saya gunakan dapat dilihat di sini: https://www.youtube.com/watch?v=4i5SjUVOXGY
Pembelajaran saya lakukan di kelas 9. Saya menggunkan proyektor untuk menanyangkan video how to make coffee. Penayangan video ini memberikan gambaran kepada siswa untuk memahami text procedure dengan benar.
Pada saat pembelajaran bahasa Inggris berlangsung,
saya menjelaskan kepada siswa tahapan dalam membuat text procedure dalam
bentuk video. 1. the goal of activity, 2. material of procedure, 3. steps of
goal, 4. conclusion. Saya juga menjelaskan kepada siswa untuk menggunakan pola
kalimat imperative di dalam text procedure. Kalimat imperative
merupakan kalimat yang maknanya memberikan perintah untuk melakukan
sesuatu. Di sini saya juga meminta siswa untuk mengamati video tersebut
kemudian memahami urutan serta tujuan dari video tersebut.
Langkah selanjutnya saya meminta siswa melakukan
kegiatan project based learning. Saya meminta siswa membuat video text procedure dengan topik membuat makanan atau minuman. Video
terdiri dari kata pembuka, memperkenalkan diri, dan jenis prosedur yang akan
dilaksanakan, langkah – langkah pengerjaan, dan hasil akhir pengerjaan, serta
penutup. Video dapat dikerjakan di rumah dan setelah video selesai dibuat,
siswa dapat menyerahkan kepada saya pada tanggal yang telah ditentukan bersama
melalui WhatsApp.
Video yang sudah dikirim saya presentasikan
pada pertemuan berikutnya. Saya menggunakan proyektor untuk menayangkan video
hasil kerja siswa ini. Melalui penayangan ini, siswa bisa saling belajar.
Mereka dapat mengetahui berbagai video text procedure dari siswa
yang lain. Ketika masing – masing siswa melaporkan hasil produknya, saya dan semua siswa mengamati tayangan tersebut dan diakhiri dengan memberi tanggapan.
Pada akhir pembelajaran saya bersama siswa merefleksi proses pembelajaran
tentang text procedure secara keseluruhan. Kami bertepuk tangan karena
pembelajaran berjalan baik.
Dari beberapa video yang dikirimkan, saya melihat antusiasme dan minat siswa. Bahkan sebagian siswa sudah
menggunakan aplikasi – aplikasi pembuat video yang menjadikan kiriman video itu
menjadi lebih bagus dan bervariasi. Saya senang karena tampak kreativitas siswa
dalam membuat video tentang text procedure sesuai dengan keinginan
mereka.
Salah satu siswa kelas 9E yang bernama Nabila mengutarakan kegembiraannya. Ia sangat antusias membuat video text procedure tentang cara membuat susu semangka (watermelon milk). Nabila menggunakan semangka, susu cair, dan blender. Proses pembuatan watermelon milk direkam dengan baik. Nabila menambahkan teks dan suara di dalam videonya. Video Nabila menjadi lebih menarik.
Awalnya Nabila kesulitan memahami text procedure. Tetapi setelah saya memberikan penjelasan di kelas, Nabila bisa paham dan mampu membuat video tentang text procedure.
Para siswa menjadi lebih mudah dalam memahami materi
tentang text procedure. Secara tidak langsung siswa belajar text
procedure tanpa harus menghafal dan membaca panduan dari sumber buku. Siswa
mendapat pengalaman berkreasi tentang text procedure.
Penggunaan video membuat topik text
procedure menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Media ini lebih efektif
jika saya dibandingkan dengan penggunaan media berupa gambar – gambar atau catatan.
Tidak hanya dalam pelajaran bahasa Inggris saja penggunaan video dapat
digunakan. Mata pelajaran lain juga dapat menggunakannya. Selamat mencoba!
###
Catatan redaksi: Naskah ini dipublikasikan sebagai bagian dari Pelatihan Penulisan Berita dan Praktik Baik Disdik Tana Tidung 2021
Posting Komentar
Slot Machines - Casinos Near Me - Mapyro
Find Casinos 충주 출장샵 Near Me in 밀양 출장샵 Laughlin, NV. 경상북도 출장마사지 Check reviews, photos and 0 reviews. Casino: Yes. Location: 경기도 출장안마 Henderson, NV. 서울특별 출장샵