Seduh Kopi Secara Digital, Belajar Text Procedure Jadi Efektif dan Menyenangkan

 

Oleh Erti Triana, S.Pd, Guru Bahasa Inggris SMP N 6 Tana Tidung, Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara

Bagaimana cara mengajarkan text procedure agar efektif dan menyenangkan? Siswa saya ajak menyeduh kopi secara digital.

Pembelajaran bahasa Inggris kerap membosankan karena guru hanya berceramah. Sulit bagi siswa belajar bahasa Inggris jika tidak dirangsang dengan tepat. Pemilihan metode dan alat peraga yang tepat menjadi kunci agar pembelajaran bahasa asing disukai anak didik.

Hal seperti itulah yang saya temukan di SMP Negeri 6 Tana Tidung, Kabupaten Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara. Masih banyak anak didik yang kesulitan mempelajari text procedure karena diajarkan dengan metode berceramah. Text procedure  adalah teks yang isinya menggambarkan bagaimana sesuatu dapat dibuat atau digunakan melalui serangkaian langkah-langkah. Dalam bahasa inggris lebih dikenal dengan how to make something. Bentuk dari text procedure bisa menjelaskan tentang bagaimana cara melakukan aktivitas tertentu, cara menggunakan alat – alat, dan sesuatu melalui langkah – langkah yang berurutan.

Siswa sering mengalami kesulitan memahami text procedure karena cara penyajian yang kurang kreatif dan monoton. Tidak adanya contoh nyata akan gambaran praktek dalam proses pembelajaran text procedure, membuat siswa sulit untuk memahami pada proses awal.  Selain itu bahasa inggris bukan bahasa sehari – hari siswa, sehingga kekurangan kosa kata membuat siswa sering kesulitan kalimat yang tepat.

Mengatasi masalah ini, saya mengunakan video how to make coffee sebagai media belajar. Video berdurasi 1 menit 33 detik ini saya unduh dari youtube. Video ini mengambarkan tahapan untuk menyeduh kopi. Seorang siswi yang menjadi model di dalam video ini, memperagakan cara membuat kopi. Proses menyeduh kopi ini dilengkapi dengan teks penjelasan tahapan untuk membuat kopi. Video yang saya gunakan dapat dilihat di sini: https://www.youtube.com/watch?v=4i5SjUVOXGY


Pembelajaran saya lakukan di kelas 9. Saya menggunkan proyektor untuk menanyangkan video how to make coffee. Penayangan video ini memberikan gambaran kepada siswa untuk memahami text procedure dengan benar.

Pada saat pembelajaran bahasa Inggris berlangsung, saya menjelaskan kepada siswa tahapan dalam membuat text procedure dalam bentuk video. 1. the goal of activity, 2. material of procedure, 3. steps of goal, 4. conclusion. Saya juga menjelaskan kepada siswa untuk menggunakan pola kalimat imperative di dalam text procedure. Kalimat imperative merupakan kalimat yang maknanya memberikan perintah untuk melakukan sesuatu. Di sini saya juga meminta siswa untuk mengamati video tersebut kemudian memahami urutan serta tujuan dari video tersebut.

Langkah selanjutnya saya meminta siswa melakukan kegiatan project based learning. Saya meminta siswa membuat video text procedure dengan topik membuat makanan atau minuman. Video terdiri dari kata pembuka, memperkenalkan diri, dan jenis prosedur yang akan dilaksanakan, langkah – langkah pengerjaan, dan hasil akhir pengerjaan, serta penutup. Video dapat dikerjakan di rumah dan setelah video selesai dibuat, siswa dapat menyerahkan kepada saya pada tanggal yang telah ditentukan bersama melalui WhatsApp.

Video yang sudah dikirim saya presentasikan pada pertemuan berikutnya. Saya menggunakan proyektor untuk menayangkan video hasil kerja siswa ini. Melalui penayangan ini, siswa bisa saling belajar. Mereka dapat mengetahui berbagai video text procedure dari siswa yang lain. Ketika masing – masing siswa melaporkan hasil produknya, saya dan semua siswa mengamati tayangan tersebut dan diakhiri dengan memberi tanggapan. Pada akhir pembelajaran saya bersama siswa merefleksi proses pembelajaran tentang text procedure secara keseluruhan. Kami bertepuk tangan karena pembelajaran berjalan baik.

Dari beberapa video yang dikirimkan, saya melihat antusiasme dan minat siswa. Bahkan sebagian siswa sudah menggunakan aplikasi – aplikasi pembuat video yang menjadikan kiriman video itu menjadi lebih bagus dan bervariasi. Saya senang karena tampak kreativitas siswa dalam membuat video tentang text procedure sesuai dengan keinginan mereka. 

Salah satu siswa kelas 9E yang bernama Nabila mengutarakan kegembiraannya. Ia sangat antusias membuat video text procedure tentang cara membuat susu semangka (watermelon milk). Nabila menggunakan semangka, susu cair, dan blender. Proses pembuatan watermelon milk direkam dengan baik. Nabila menambahkan teks dan suara di dalam videonya. Video Nabila menjadi lebih menarik.

Awalnya Nabila kesulitan memahami text procedure. Tetapi setelah saya memberikan penjelasan di kelas, Nabila bisa paham dan mampu membuat video tentang text procedure

Para siswa menjadi lebih mudah dalam memahami materi tentang text procedure. Secara tidak langsung siswa belajar text procedure tanpa harus menghafal dan membaca panduan dari sumber buku. Siswa mendapat pengalaman berkreasi tentang text procedure.

Penggunaan video membuat topik text procedure menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Media ini lebih efektif jika saya dibandingkan dengan penggunaan media berupa gambar – gambar atau catatan. Tidak hanya dalam pelajaran bahasa Inggris saja penggunaan video dapat digunakan. Mata pelajaran lain juga dapat menggunakannya. Selamat mencoba!

###

Catatan redaksi: Naskah ini dipublikasikan sebagai bagian dari Pelatihan Penulisan Berita dan Praktik Baik Disdik Tana Tidung 2021

Posting Komentar

Slot Machines - Casinos Near Me - Mapyro
Find Casinos 충주 출장샵 Near Me in 밀양 출장샵 Laughlin, NV. 경상북도 출장마사지 Check reviews, photos and 0 reviews. Casino: Yes. Location: 경기도 출장안마 Henderson, NV. 서울특별 출장샵

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget