Praktik Baik Layanan Belajar Membaca dan Berhitung di Sekolah

Siswa sedang belajar berhitung menggunakan media kartu bilangan

Untuk memberikan layanan pendidikan yang menjangkau seluruh peserta didik, Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung menyediakan layanan belajar membaca dan berhitung di sekolah. Layanan ini ditujukan bagi siswa yang kesulitan belajar daring dan mengalami ketertinggalan keterampilan dasar literasi dan numerasi.

Kebijakan yang terbilang sebagai sebuah terobosan tersebut dilakukan lantaran kualitas dan akses jaringan internet yang terbatas dan tidak merata di Tana Tidung. Hasil pemetaan moda belajar siswa pada Juni 2020, diketahui hanya 11% siswa KTT yang mampu belajar daring tatap virtual seperti zoom meeting. 

Selain itu, belajar dari rumah sejak 23 Maret 2020 menyebabkan penurunan kemampuan belajar atau learning loss dan learning gap (ketimpangan kemampuan siswa di Tana Tidung dengan daerah lain di Indonesia Bagian Barat). Dampaknya ke depan, sumber daya manusia Kabupaten Tana Tidung akan kesulitan berkompetisi di era serba keterbukaan ini. 

Saidah Jamal, guru SD Negeri Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung mengungkapkan bahwa dengan mengikuti layanan belajar ini, siswanya menunjukkan perkembangan kemampuan belajar yang siginifikan utamanya pada keterampilan dasar yaitu membaca dan berhitung. 

"Pembelajaran diikuti maksimal 3 siswa dalam satu sesi belajar per minggu. Siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuannya dari hasil asesmen formatif. Kami lalu menyusun bahan ajar dan media pembelajaran. Siswa sangat antusias belajar. Hasilnya juga bagus. Siswa yang masih mengeja sekarang sudah bisa lancar membaca. Kalau sebelumnya, kita tidak tahu persis kemampuan siswa karena hasil pekerjaannya tidak sesuai kemampuan sebenarnya" kata alumni Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta tersebut.

Tulisan ini juga dipublikasi di fokusborneo.com dengan alamat  https://fokusborneo.com/daerah/2021/08/28/jaringan-internet-terbatas-pemkab-ktt-siapkan-layanan-belajar-di-sekolah/

Sesi belajar diikuti paling banyak tiga siswa




Siswa belajar menggunakan berbagai media yanh disiapkan guru






Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget