Cegah Learning Loss, Tana Tidung Lakukan Tes Diagnosis


Pemerintah Kabupaten Tana Tidung melalui Dinas Pendidikan membuat kebijakan untuk melakukan asesmen diagnosis kepada seluruh siswa. Hal tersebut dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 420/004/Disdik.1-1/I/2020. 

Jafar Sidik, SE Kepala Dinas Pendidikan mengemukakan bahwa salah satu dampak belajar dari rumah ialah menurunnya kemampuan belajar siswa atau learning loss. Menurutnya, jika ini tidak diatasi maka siswa kesulitan mengikuti pembelajaran dan semakin tertinggal.

"Bisa saja siswa sudah di kelas 5 SD tetapi kemampuannya masih kelas 4 atau mungkin di bawahnya. Melalui asesmen diagnosis ini kita akan memetakan kemampuan sebenarnya. Apakah siswa tersebut on level (kemampuan siswa sesuai level kelasnya) atau mengalami learning loss?" urainya.

Irdiansyah, S.Sos., MM Kepala Bidang Pendidikan Dasar menimpali bahwa dari hasil asesmen tersebut digunakan untuk menentukan materi dan tingkat kompetensi yang akan diajarkan ke siswa. 

"Jika nilainya di atas rata-rata kelas, maka siswa tersebut mendapatkan pelajaran sesuai kurikulum. Sedangkan jika di bawahnya maka mendapat kelas tambahan dari guru. Orang tua juga diharapkan berperan aktif membantu anak mencapai level kompetensi semestinya" harapnya.

Ia melanjutkan, walau asesmen ini sangat penting tetapi kesehatan dan keselamatan siswa, guru, dan masyarakat tetap yang utama. Terlebih kasus Covid-19 akhir-akhir ini mengalami peningkatan. Pelaksanaannya pun masih menunggu waktu yang tepat.

Maslan, S,Pd guru di SMP Negeri Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung pun telah melakukan persiapan teknis. Ia bersama dengan rekan guru di sekolahnya telah membuat instrumen  dan siap diberikan kepada siswa.

"Instrumen tersebut disusun dari kompetensi dasar pada kelas saat ini dan lebih banyak menggunakan kompetensi dasar esensial dan prasyarat kelas sebelumnya. Hasil tesnya kami tindak lanjuti dengan membuat bahan ajar sesuai kemampuan siswa. Sehingga siswa tidak terbebani belajar dari rumah" tukasnya.

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget