Sinergi, Kunci Keberhasilan Anak Belajar Dari Rumah

Zulkarnaen, M.Pd, guru SD Negeri 001 Tana Tidung melakukan pendampingan belajar di rumah siswanya

Belajar dari rumah menjadi kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung di tahun ajaran 2020/2021. Prinsip kesehatan dan keselamatan siswa, guru, beserta keluarga menjadi pertimbangan utama dalam penetapan kebijakan tersebut.

Kepala Dinas Pendidkan, Jafar Sidik, SE mengatakan bahwa program ini akan berjalan baik jika ada sinergi antara guru dengan orang tua siswa dan masyarakat.

"Orang tua menjadi guru di rumah. Lembar aktivitas yang kami sediakan dilengkapi petunjuk penggunaan bagi orang tua. Semoga dapat dipahami dan dijalankan" tambah Jafar.

Namun demikian, guru tetap mempunyai peran dengan melakukan pendampingan belajar. Bahkan, lanjutnya, ia menugaskan guru untuk berkunjung ke rumah siswa secara berkala. 

Atas instruksi tersebut, Zulkarnaen, M.Pd, guru SD Negeri 001 Tana Tidung melakukan home visit ke rumah siswa sesuai  protokol kesehatan.

"Kami memberikan penjelasan terhadap aktivitas yang akan dilakukan siswa dalam seminggu. Termasuk mendiskusikan hasil belajarnya. Alhamdulillah orang tua dan siswa menyambut baik kedatangan kami" terang guru alumni Universitas Negeri Jakarta tersebut.

Pendampingam belajar merupakan salah satu strategi Dinas Pendidikan dalam menjalankan program belajar dari rumah. Diharapkan, proses pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 dapat terus berjalan dengan moda belajar baru ini.

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget