Potret Pendidikan Karakter di Masa Pandemi

Pendidikan karakter merupakan adalah suatu usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya. Pendidikan karakter juga sangat diperlukan dalam membentuk pribadi yang bermoral, berakhlak mulia, bertoleran, tangguh, dan berperilaku baik.

Sehubungan dengan penanaman pendidikan karakter dimasa darurat covid-19, SDN Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung memberikan pembelajaran tentang kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan juga lingkungannya. Pembelajaran ini telah dilakukan oleh semua guru di SDN TU 2 TT. “Meskipun peserta didik tidak lagi belajar di sekolah yang dikarenakan kondisi covid-19, guru masih memiliki kewajiban untuk menanamkan pendidikan karakter terhadap peserta didiknya” ungkap Puji Lestari, M.Pd wali kelas 1a.

Pembelajaran pendidikan karakter bisa dilakukan melalui pemberian tugas kepada murid untuk membantu orang tua di rumah. Kemudian orang tua/wali murid diminta untuk medokumentasikan kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik. Dengan demikian, peserta didik akan menjadi individu yang bertoleransi, peduli, dan berperilaku baik.

Sumber: https://www.sdntu2tt.sch.id/2020/05/07/pembelajaran-pendidikan-karakter-pada-kondisi-darurat-covid-19/

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget